Cara Pengiriman Alat Tambang yang Efektif dan Efisien

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
prosedur dan cara kirim alat berat dan tambang

Karena ukuran dan beratnya, tidak diragukan lagi bahwa memindahkan peralatan tambang dari satu lokasi ke lokasi lainnya memiliki tantangan tersendiri di industri pertambangan. 

Langkah pertama sebelum memilih layanan pengiriman dan mengirimkan alat berat Anda, sangat penting untuk memastikan dimensi dan berat yang akurat dari setiap item. Apakah mesin akan diangkut lengkap atau ada komponennya yang harus dibongkar?

Sebagai pengirim, timeline dan budget Anda merupakan faktor penting dalam pengiriman ini. 

Pesawat kargo dapat mengirimkan alat tambang yang cukup besar dalam hitungan hari, tetapi biayanya akan relatif tinggi. Pada banyak kasus, pesawat juga dapat mendarat lebih dekat ke site atau tambang daripada pelabuhan, tergantung pada infrastruktur yang tersedia.

Namun, sebagian besar peralatan tambang berat diangkut dengan kapal kargo atau container, karena moda transportasi ini lebih murah. Pengiriman kapal mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan sebulan atau lebih, tetapi ini umumnya diimbangi dengan biaya yang lebih hemat

Ketahui Spesifikasi Peralatan Tambang

Pengiriman peralatan tambang dimulai dengan menentukan ukuran dan berat yang akurat dari peralatan pertambangan yang akan dikirim. Langkah dalam proses ini tidak boleh diabaikan karena beberapa alasan. 

Pertama, informasi tentang kedua aspek ini akan membantu pihak pengiriman untuk memberi Anda penawaran harga yang lebih akurat. 

Kedua, dengan bantuan pihak pengiriman, akan jauh lebih mudah untuk memilih metode pengiriman yang paling tepat untuk peralatan pertambangan berat Anda. 

Sehingga, memilih metode yang paling nyaman, efisien, dan hemat biaya bisa tercapai.

Kunci Sukses Pengiriman Peralatan Tambang 

Memiliki tim yang kompeten dalam pekerjaan yang rumit ini sangat penting. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu semua hal yang harus dicari ketika memilih perusahaan pengiriman barang terbaik mengingat keadaan Anda. 

(Download checklist memilih pengiriman kargo)

Hal ini akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, persyaratan, dan anggaran Anda.

Expertise sangat penting ketika mengirimkan alat berat, baik secara internasional atau ketika layanan project cargo diperlukan. 

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua perusahaan logistik dapat memenuhi kriteria untuk mengirimkan peralatan pertambangan berukuran besar, yang juga sering berbentuk unik. 

Persiapan Loading Peralatan Tambang

Penting untuk selalu diingat bahwa alat berat membutuhkan waktu ekstra untuk loading dan dikirimkan. Hanya sedikit pengiriman cargo yang bisa mengangkut alat berat ini, jika dibandingkan dengan car hauler. 

Jika peralatan tambang memerlukan pembongkaran, harap mempersiapkan biayay tambahan untuk extra time yang harus dihabiskan perusahaan pengiriman untuk menyiapkan alat berat Anda sebelum diangkut dan dikirim. 

Jika Anda memiliki bantuan loading dan unloading seperti loading dock, forklift, crane, dll, tentu akan menghemat biaya tersebut. Jika alat bantu tersebut diperlukan, Anda perlu memastikan untuk mengkomunikasikannya kepada penyedia layanan pengiriman.

Cara / Metode Kirim Peralatan Tambang

Mode transportasi yang akan Anda pilih sangat tergantung pada jenis peralatan tambang dan jarak tujuan akhir. Berikut adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

Roll-On/Roll-Off (RORO)

Opsi angkutan kapal kargo yang umum untuk peralatan tambang adalah roll-on/roll-off (RORO), di mana peralatan ditarik langsung ke atas kapal sebagai Completely Built-Up Units (CBUs). 

Kemudian diikat pada tempatnya, seringkali dengan penyangga. Mesin dengan ketinggian dibawah 4,6 meter dapat dimuat di below decks untuk perlindungan terhadap elemen.

Container Storage

Container storage adalah opsi lainnya untuk mesin, komponen, dan attachment pertambangan lain yang lebih kecil. 

Bukan hanya karena lebih aman dalam perjalanan, opsi container juga memiliki keuntungan dari biaya pengiriman yang lebih murah dan tarif bea masuk yang lebih rendah. 

Kontainer pengiriman standar memiliki 6,1m, 12,2m, atau 13,7m. Beberapa mesin yang lebih besar dapat dibongkar dan dimasukkan ke dalam containers atau flat racks sebagai Unit Semi Knocked Down (SKD) dari lima komponen atau lebih sedikit, atau sebagai Unit Completely Knocked Down (CKD) yang dibongkar secara lebih menyeluruh. 

Jika Anda memilih opsi ini, Anda harus menyediakan atau mempekerjakan seseorang untuk memasang kembali mesin yang dibongkar ketika sampai di tempat tujuan.

Flat Rack Containers

Flat rack containers pada dasarnya adalah kontainer pengiriman tanpa sisi atau atap. Flat rack containers menyediakan platform yang dapat diangkat untuk barang-barang besar, out-of-gage (OOG) yang terlalu tinggi atau lebih lebar pada lebar 2,4 m atau lebih besar. 

Flat rack 6,1 atau 12,2 m akan diletakan di dek kapal, yang berarti mesin yang diangkut akan terkena angin dan semprotan garam kecuali jika ditutup atau dibungkus plastik. 

Flat rack dengan dinding yang dapat dilipat disebut flush-type flat platforms. Rack harus diangkat ke atas dan ke luar kapal dengan crane atau lift, sehingga jenis pengiriman ini disebut lift-on/lift-off (LOLO).

Biaya Pengiriman Peralatan Tambang

Budget yang perlu Anda siapkan untuk mengirimkan peralatan tambang akan bergantung terhadap beberapa faktor. 

Pertama, biaya layanan pengiriman untuk memandu Anda melalui seluruh proses dengan cara yang tepat dan hasil yang positif. 

Membersihkan peralatan yang akan dikirim juga merupakan salah satu tahapan dari siklus ini. Sering kali, Anda perlu menyewa tenaga pembersih peralatan untuk melakukan pekerjaan itu. 

Membongkar peralatan dan packing yang tepat menambah biaya akhir juga. Terakhir, Anda tidak boleh melupakan harga asuransi yang sesuai.

Setelah membuat list semua biaya potensial, Anda dapat mulai dengan perhitungannya. 

Mengapa Asuransi Pengiriman Penting?

Peralatan tambang harganya sangat mahal.

Setiap kerusakan pada alat berat ini dapat menyebabkan biaya perbaikan mahal yang akan mempengaruhi budget secara keseluruhan. 

Dengan asuransi, pengirim berhak atas kompensasi yang layak jika terjadi ketidaknyamanan atau kerusakan, disinilah peran penting menggunakan asuransi. 

Kesimpulan

Pengiriman peralatan tambang membutuhkan upaya yang tepat agar pengiriman bisa sampai tujuan akhir dengan sukses. 

Membuat keputusan yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang positif. Memilih perusahaan pengiriman cargo adalah yang paling penting, jadi ini adalah tugas yang membutuhkan perhatian dan komitmen penuh Anda. 

Memiliki asuransi yang tepat adalah jaminan kompensasi yang sesuai jika salah satu dari peralatan ini rusak selama proses berlangsung.

ABC Express akan memastikan semua kiriman Anda dimuat dengan benar ke transportasi, dan mereka terus memberikan update selama perjalanan termasuk potensi kendala yang mungkin dihadapi pun dan membuat prosesnya berjalan lancar. 

Urusan kirim alat tambang kini jadi lebih mudah karena Anda bisa memesan pengiriman via internet. Cukup hubungi asisten ABC Express, Anda bisa langsung pesan jenis pengiriman yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan mengirimkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!