Cara Mengirimkan Barang Super Berat dan Besar

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
cara kirim barang besar

Semakin besar paket yang akan dikirim, semakin besar tantangan yang harus dihadapi.

Tidak mudah untuk memindahkan kargo dengan ukuran yang sangat besar. Diperlukan izin khusus, ada batasan waktu, dll.

Perusahaan yang melakukan pengiriman barang berat dan produk besar ke pelanggan yang jauh dapat menghadapi cost yang signifikan. 

Pengiriman barang, atau mengangkut paket besar, jauh lebih kompleks daripada pengiriman paket kecil. Density dan berat dimensi paket, ditambah dengan jenis kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang, semuanya akan mempengaruhi keuntungan Anda.

Apa itu Pengiriman Kargo?

Pengiriman kargo adalah proses pengiriman atau pengiriman barang yang terlalu besar atau berat untuk dikirim melalui jasa kirim parcel tradisional.

Penting untuk diperhatikan bahwa batasan berat dan batasan ukuran khusus untuk masing-masing kategori pengiriman  bervariasi antara tiap perusahaan pengiriman. 

Pengiriman kargo biasanya diangkut dalam jumlah besar dengan truk, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang.

Jadi, pengiriman kargo adalah saat Anda mengangkut barang dagangan, barang, dan kargo besar melalui darat, laut, atau udara.

Perbedaan Pengiriman  Kargo Vs Pengiriman Parcel 📦

Pengiriman kargo sangat berbeda dari mengirim paket yang lebih kecil. Berikut beberapa perbedaan diantaranya:


Bill of Lading

Anda harus mengungkapkan dengan tepat dan rinci apa yang Anda kirim. Pengiriman kargo biasanya disertai dengan bill of lading (BOL), yang pada dasarnya adalah manifes kargo yang memberitahu kurir apa yang mereka pindahkan. 

Pengirim perlu mengetahui apa yang ada di dalam box (atau di palet Anda) untuk mengirimkan barang dengan aman. 

BOL berfungsi sebagai kontrak. Jika ada yang rusak atau hilang selama pengiriman, dokumen itulah yang akan Anda gunakan untuk menyelesaikan perselisihan, jadi pastikan Anda mengisinya dengan lengkap dan akurat.

Density dan daya tahan penting. 

Salah satu perbedaan terbesar antara pengiriman parcel dan pengiriman kargo adalah density barang Anda, bukan hanya ukuran dan berat, yang mempengaruhi tarif pengiriman Anda. 

Saat Anda mengirim parcel non-kargo (dengan asumsi tidak mengandung bahan berbahaya atau terlarang), biaya kirim barang berat lebih mahal daripada barang ringan. 

Tetapi dengan pengiriman kargo, lebih berat tidak selalu berarti lebih mahal. Bola ping-pong, misalnya, dikenakan biaya pengiriman barang yang lebih tinggi daripada batu bata karena kurang padat, kurang tahan lama, dan karena itu lebih mungkin rusak dalam perjalanan.

Jenis Pengiriman Kargo

Less-than-truckload (LTL) 

Less-than-truckload, juga dikenal sebagai less-than-load (LTL), dirancang untuk muatan atau jumlah pengiriman yang relatif kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Tiap jasa pengirim kargo biasanya masing-masing memiliki aturan dan batasan sendiri untuk dimensi pengiriman LTL. 

Dengan LTL, jasa pengirim barang Anda menggabungkan beberapa barang dari pelanggan berbeda untuk diantarkan ke tujuan masing-masing.

Full Truckload (FTL) 

Full Truckload berarti seluruh truk akan dikhususkan untuk mengantar satu pengiriman. Metode pengiriman ini seringkali menjadi yang paling mahal. Namun kiriman Anda akan lebih cepat sampai dengan bonus minimnya kerusakan akibat pengiriman.

Partial truckload (PTL) 

Partial truckload adalah campuran antara LTL dan FTL. Opsi ini bisa lebih hemat biaya daripada FTL karena Anda tidak perlu membayar trailer khusus. Ini juga memungkinkan Anda mengirim muatan yang lebih besar dari yang diizinkan di LTL. 

Expedited 

Pengiriman expedited memastikan bahwa barang Anda dikirim lebih cepat dari waktu transit reguler. Pengiriman jenis ini paling sering diangkut dengan truk atau udara. Truk yang membawa pengiriman yang dipercepat bergerak langsung dari penjemputan ke pengiriman dengan hampir tidak ada pemberhentian di sepanjang jalan.

Metode Pengiriman Kargo Berat dan Besar

Terdapat empat cara untuk mengirimkan barang berat dan besar Anda.

1. Pengiriman darat 🚛

Pengiriman darat, atau memindahkan barang dengan trailer, adalah cara paling populer untuk mengirimkan kargo besar ke dalam negeri.

Kelebihan: Pengiriman darat menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada moda transportasi lainnya. Truk dapat pergi kemanapun selama tersedia jalan, jadi titik penurunan tidak terbatas pada stasiun kereta api, pelabuhan, atau bandara.

Kekurangan: Kelemahan menggunakan truk untuk mengirimkan paket adalah membutuhkan waktu lebih lama daripada metode lain, dan lebih menimbulkan risiko keamanan. Jika Anda ingin mendapatkan paket besar yang dikirim dalam hari kerja sesingkat mungkin (mis. pengiriman hari berikutnya), maka darat bukanlah cara yang tepat. Truk sering berhenti berkali-kali di sepanjang rute, yang berarti lebih banyak peluang barang rusak atau dicuri. Ban truk juga bisa kempes, macet di lalu lintas, dan tertunda karena berbagai alasan lainnya.

2. Pengiriman laut 🛳️

pengiriman laut adalah metode transportasi barang paling populer secara global. The Maritime Executive melaporkan bahwa 70% pengiriman global diangkut dengan kapal.

Kelebihan: Popularitas angkutan laut terutama disebabkan oleh fakta bahwa 71% permukaan bumi tertutup air. Karena itu, pengiriman darat dan kereta api bukanlah pilihan untuk sebagian besar opsi pengiriman internasional — selain kapal dan pesawat. Dan pengiriman laut secara signifikan lebih murah daripada angkutan udara. Mengirim kargo melalui pesawat bisa menelan biaya lima kali lipat dari pengiriman melalui kapal kargo.

Kekurangan: Kelemahan dari pengiriman laut adalah lambat. Dibutuhkan kira-kira lima belas hari bagi kapal kargo untuk melakukan perjalanan dari Hong Kong ke Los Angeles, sedangkan pesawat terbang dapat melakukan perjalanan yang sama dalam waktu kurang dari lima belas jam. Pengiriman laut juga penuh dengan masalah keamanan. Laut yang ganas dapat menyebabkan kerusakan pada kargo, kebakaran sangat umum terjadi di kapal kargo, dan meskipun pembajakan telah menurun selama 10 tahun terakhir, hal itu masih menjadi perhatian bagi pelayaran maritim.

3. Pengiriman kereta api 🚂

Pengiriman kereta api, atau pengangkutan kargo melalui kereta api, paling sering digunakan untuk barang curah, seperti kayu, kertas, biji-bijian, dan bijih mentah.

Kelebihan: Jika Anda perlu mengirimkan barang berat dalam jumlah besar (lebih dari satu truk penuh) melalui darat, pengiriman kereta hampir selalu menjadi pilihan terbaik Anda. Gerbong dapat menampung kargo empat kali lebih banyak daripada trailer standar, dan biaya pengiriman barang curah jauh lebih murah.

Kekurangan: Kelemahan terbesar pengiriman kereta api adalah keterbatasan perjalanan fisik. Kereta api hanya bisa pergi sejauh rel saja, jadi mereka tidak bisa membawa kargo sampai ke tujuan akhirnya. Untuk alasan ini, banyak pengiriman barang bergantung pada kombinasi antar moda dari pengiriman kereta api dan pengiriman darat.

4. Pengiriman udara ✈️

Jika Anda ingin kargo Anda dikirim dengan cepat, Anda pasti ingin mengirimkannya dengan pesawat terbang. Tapi itu akan merugikan Anda.

Kelebihan: Keuntungan yang jelas dari pengiriman udara adalah kecepatannya. Jika kita mengacu pada perbandingan waktu penyelesaian dari pengiriman laut, pengiriman kargo melalui pesawat terbang dua puluh empat kali lebih cepat. Dibandingkan dengan metode pengiriman barang lainnya, pengiriman udara sangat cepat.

Kekurangan: Sayangnya, kecepatan hampir selalu disertai dengan harga yang mahal. 

Faktor yang mempengaruhi harga pengiriman 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga pengiriman selain berat barang. Memahami harga pengiriman barang bisa menjadi batu sandungan besar bagi banyak pemilik bisnis. Namun, jangan terlalu memikirkannya. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

Berat dimensi 

Jasa pengiriman kargo akan menghitung berapa berat paket Anda berdasarkan berapa banyak ruang yang ditempati. Sehingga kemudian akan dibebankan harga yang lebih tinggi antara bobot aktual atau dimensi. 

Jadi, jika Anda mengirimkan kotak besar yang cukup ringan (seperti bola ping-pong), pastikan Anda mendapatkan penawaran dari jasa pengiriman dengan biaya yang tepat.

Special services

Barang yang memerlukan penanganan khusus, seperti barang pecah belah, atau bahan berbahaya akan dikenakan biaya lebih mahal.

Asal dan tujuan paket 

Selain ukuran dan berat, seberapa jauh kiriman Anda harus menempuh perjalanan juga memengaruhi tarif pengiriman. Semakin jauh jarak antara asal paket Anda dan tujuannya, semakin tinggi biaya pengiriman Anda.

Metode pengiriman 

Moda transportasi Anda yang digunakan untuk mengirimkan kiriman Anda juga memengaruhi harganya.

Tips Kirim Barang Berukuran Besar ✅

Ketika datang ke pengiriman besar, beberapa metode yang telah dicoba akan membantu memastikan produk Anda mencapai tujuannya dalam keadaan utuh. Gunakan tips berikut:

Gunakan box yang kuat 

Semakin berat barang kiriman, semakin kuat kotak yang dibutuhkan. Gunakan box yang baru karena box bekas mungkin sudah tipis atau rusak. Jika memungkinkan, sangat disarankan untuk mengemas box tersebut di dalam box lain untuk memberikan lapisan kekuatan dan perlindungan ekstra. Jika Anda menggunakan box-in-box untuk mengirimkan paket Anda, pastikan untuk menyertakan bantalan di antara kotak untuk perlindungan tambahan.

Gunakan heavy-duty packing tape

Setelah Anda menempatkan barang-barang dengan aman di dalam box, tutup dengan reinforced packing tape, mengikuti teknik "H" di sepanjang jahitannya. Jangan gunakan selotip, duct, atau scotch tape untuk pengiriman.

Tentukan cara mengirimkan berdasarkan berat dan ukuran

Timbang dan ukur paket untuk menentukan metode pengiriman, yang mungkin merupakan standard delivery, oversized shipping, atau freight. Anda dapat menggunakan tape measure untuk menghitung panjang dan lebar keseluruhan kotak dan menimbang paket dengan timbangan standar.

Kesimpulan 🗒️

Pengiriman barang berat dan besar sangat berbeda dari pengiriman parcel biasa, sehingga penting untuk memahami seluruh seluk beluknya. Semoga tips ini dapat membantu Anda memastikan pengiriman Anda berjalan semulus mungkin.

Cara terbaik untuk mengirimkan paket yang berat dan besar dengan aman adalah bekerja sama dengan ahlinya. Saat Anda memilih perusahaan pemenuhan, tanyakan tentang pengalaman mereka bekerja dengan produk besar. 

Di ABC Express, kami bangga menjadi ahli pengiriman yang berat, besar, dan besar. Kami dengan senang hati membantu Anda menemukan cara untuk mengirimkan paket besar Anda dengan harga murah. Cukup hubungi kami!