Cara Aman Kirim Peralatan Laboratorium & Alat Kesehatan

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Cara Aman Kirim Peralatan Laboratorium

Pengirim dan penerima kargo tentu tidak pernah ingin aset mereka hilang atau rusak selama pengiriman. 

Sayangnya barang hilang dan rusak sudah menjadi hal yang sering terjadi bagi produsen peralatan laboratorium, lab, rumah sakit dan lainnya di industri ini.

Sehingga packaging dan metode pengiriman yang efisien sangat penting dalam hal pengiriman barang laboratorium, terutama jika barang tersebut tergolong dangerous goods.

Inilah sebabnya mengapa terdapat aturan khusus untuk memastikan pengiriman peralatan laboratorium berjalan semulus mungkin. 

Ini hanyalah beberapa aspek terpenting yang perlu diingat saat menangani pengemasan dan pengiriman alat laboratorium.

Jenis Peralatan Lab

Laboratorium memiliki segudang peralatan yang digunakan untuk melakukan eksperimen dan penelitian. 

Tujuannya adalah untuk menciptakan berbagai hal mulai dari bahan kimia dan obat-obatan hingga barang-barang science fiction seperti burger tanpa daging hingga organ manusia. 

Untuk memproduksi semua ini, dibutuhkan peralatan dalam jumlah yang cukup untuk laboratorium.

Jenis-jenis instrumen lab yang tersedia sangat banyak dan tidak terbatas pada daftar berikut:

  • Lab fume hoods
  • Furniture such as desks and chairs
  • Beakers
  • Test tubes
  • Safety equipment — goggles, gloves, apron/coat
  • Volumetric flask
  • Erlenmeyer flask
  • Boiling flasks
  • Florence flask
  • Graduated cylinders
  • Bunsen burners
  • Balances
  • Thermometers
  • Tongs and forceps
  • Spatulas and scoopulas
  • Ring stands, rings and clamps
  • Pipettes and burettes
  • Droppers
  • Funnels
  • Crucibles

Tergantung pada pekerjaan atau penelitian yang dilakukan, ada juga peralatan khusus seperti laser dan mesin lain yang dapat membantu selama produksi dan penelitian ilmiah di laboratorium. 

Lab fume hoods adalah bagian penting dari laboratorium mana pun, karena berfungsi sebagai ventilator lokal untuk membatasi paparan manusia terhadap uap, asap, atau debu beracun atau berbahaya.

Di sisi lain, mengetahui apakah lab tersebut "basah" atau "kering" sangat penting. 

Laboratorium basah akan membutuhkan wastafel, permukaan yang tahan terhadap bahan kimia, dan bahkan stasiun pancuran dan/atau pencuci mata. 

Laboratorium kering akan memiliki bahan kimia lebih sedikit dan mungkin menampung sejumlah besar barang elektronik, sehingga persyaratan untuk furnitur yang digunakan tidak akan seketat itu.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengirim Peralatan Lab

Fragile Materials

Peralatan laboratorium seringkali sangat rapuh. Barang-barang seperti gelas kimia, gelas ukur, termos, dan termometer biasanya terbuat dari kaca, sehingga penting untuk menempatkannya di tempat dan terisolasi dari tekanan eksternal. 

Jika peralatan lab saling berhimpit selama pengiriman atau box yang dikirim tidak memiliki bagian luar yang kuat, peralatan tersebut dapat retak atau pecah dalam perjalanan. 

Gunakan case dengan bagian exterior yang tahan lama dan masukkan busa bagian dalam boxsecara hati-hati untuk memastikan keamanan barang-barang rapuh di dalamnya.

Suhu

Terkadang peralatan lab dikirim dengan alkohol atau cairan lain yang akan digunakan untuk eksperimen atau pengujian. 

Jenis cairan yang digunakan di lingkungan laboratorium sangat sensitif terhadap suhu, dan jika terlalu panas atau dingin, cairan tersebut dapat menjadi tidak dapat digunakan. 

Complex Parts

Beberapa peralatan lab terdiri dari beberapa bagian yang rumit. 

Saat mengirimkan sesuatu seperti lemari es, freezer, mikroskop, atau timbangan, penting untuk diingat bahwa jika satu bagian saja terlepas atau rusak, seluruh barang akan tiba untuk diperbaiki. 

Pertimbangkan untuk menggunakan case khusus untuk setiap bagian peralatan untuk menjaga bagian-bagian dari berbagai ukuran dan bentuk tetap aman alih-alih memercayai solusi satu ukuran untuk semua.

Kebersihan

Karena peralatan lab akan sering digunakan di lingkungan yang steril dan/atau dapat mengandung bahan kimia kuat atau zat medis lainnya, penting untuk memastikan bahwa peralatan tersebut tidak terkena kontaminan selama pengiriman. 

Gunakan box yang aman untuk menutupnya cukup rapat untuk mencegah kotoran dan serpihan eksternal lainnya masuk ke dalam.

Persyaratan OSHA dan FDA Untuk Peralatan Lab

Peralatan laboratorium yang digunakan dalam produksi makanan atau obat-obatan harus sesuai dengan Food & Drug Administration (FDA).

Sejauh ini, syarat yang diberikan FDA adalah agar barang-barang tersebut diberi label dengan benar jika diperlukan dan dibuat dengan bahan yang tidak akan menyebabkan penurunan kualitas obat dengan cara apa pun.

Meskipun tidak terikat secara eksplisit hanya pada peralatan, OSHA memastikan setiap pekerjaan, termasuk yang berada di lingkungan laboratorium, mengikuti aturan sehingga bahaya kesehatan atau masalah keselamatan lainnya sangat berkurang atau dihilangkan sama sekali.

Misalnya, standar Laboratorium OSHA menyatakan bahwa semua lemari asam perlu dirawat secara teratur agar berfungsi dengan baik untuk menyelesaikan tugasnya.

Cara Aman Mengemas Peralatan Lab Untuk Pengiriman

Peralatan laboratorium memiliki beberapa karakteristik umum yang bersifat universal. Mereka umumnya terbuat dari kaca, logam atau keramik dan harus sangat tahan lama terhadap suhu ekstrim.

Peralatan yang lebih khusus mungkin diperlukan untuk menahan sifat korosif dari bahan kimia atau elemen lain juga. 

Sehingga perlu diambil tindakan pencegahan dengan packaging yang aman dan customized tergantung pada jenis peralatan yang dikirim.

Misalnya, termos, gelas kimia, dan pipet semuanya terbuat dari kaca dan harus ditutup dengan bubble wrap. Untuk termos dan gelas kimia harus ditempatkan dalam kotak kardus yang kuat dengan sisipan kardus untuk membentuk partisi. Partisi akan sangat mengurangi dampak benturan botol satu sama lain selama pengiriman.

Bahkan peralatan robotik digunakan di laboratorium dan harus dikemas dan diangkut dengan cara yang sesuai dengan valuenya yang tinggi. 

Furniture khusus untuk lab settings dan lab fume hoods harus lebih berhati-hati dalam pengiriman. Untuk mencegah salah satu dari kerusakan, mungkin praktik yang baik untuk membungkus barang-barang ini satu per satu dengan plastik dan karton, atau memasukkannya ke dalam kotak kardus dengan kemasan internal untuk melindunginya dari goncangan atau bantingan yang tidak terduga. 

Untuk lab fume hoods, seperti robotic equipment atau barang besar lainnya dengan komponen listrik, diperlukan perhatian khusus tidak hanya dalam pengemasan tetapi juga selama pemuatan, pembongkaran, dan penyiapan.

Cara Terbaik untuk Mengirim Peralatan Lab

Hanya ada empat cara untuk mengirim peralatan laboratorium dengan full load, dengan kereta api, truk, kapal laut, atau udara. 

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tetapi perusahaan pengiriman kargo harus dapat membantu Anda mengetahui mana yang terbaik untuk Anda.

Pengiriman melalui udara umumnya bukan opsi utama sebagai moda transportasi karena biayanya yang sangat besar. Namun, pengiriman udara akan menjadi opsi terbaik jika barang lab harus sampai dengan cepat dan harga tidak menjadi masalah.

Jika memesan peralatan lab dari luar negeri, ada kemungkinan besar pengiriman akan didominasi oleh jalur laut. 

Pengiriman kereta api merupakan opsi yang banyak digunakan karena harganya yang kompetitif dan merupakan moda transportasi jarak jauh yang paling hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Namun, seperti udara dan laut, kelemahan terbesarnya adalah tidak dapat digunakan sebagai opsi pengiriman door-to-door.

Dan pilihan terakhir adalah pengiriman dengan truk. 

Meskipun mungkin bukan pilihan termurah, kemampuannya untuk melayani pengiriman door-to-door sangat digemari oleh customer. 

Tetapi hanya membandingkan empat metode transportasi yang berbeda tidak memperhitungkan opsi kelima: antar moda (intermodal). 

Ini adalah penggunaan dua atau lebih moda transportasi untuk menyelesaikan perjalanan satu muatan. 

Pengiriman Peralatan Lab Dengan ABC Express

Ketika Anda perlu pengiriman peralatan lab, inilah saatnya untuk menghubungi para shipping experts di ABC Express agar seluruh prosesnya dilakukan dengan aman dan efisien. Kami akan membuat prosesnya mulus dan sederhana untuk Anda sehingga Anda dapat memfokuskan waktu dan energi Anda ke hal yang lebih krusial lainnya.

ABC Express berpengalaman dalam menangani semua aspek relokasi lab; dari transportasi darat hingga pelayaran internasional.

Tim kami juga menangani semuanya mulai dari mengatur kontainer, mengatur pengiriman dengan jalur pengiriman dan semua dokumentasi untuk izin pelabuhan.

Berbagai layanan dan pengalaman kami yang luas berarti Anda dapat mengandalkan ABC Express untuk menangani seluruh proses pengiriman, tanpa harus menggunakan banyak vendor.

Anda dapat memesan layanan kirim kargo dari situs web ABC Express, atau Whatsapp Center ABC Express dan tim kami akan mengurus paket Anda hingga ke depan pintu Anda tanpa biaya pengiriman tambahan.