5 Cara Aman Packing Barang Pecah Belah atau Fragile

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Tips aman packing barang pecah belah

Biasanya, ketika pengunjung memasuki toko yang menjual barang pecah belah, seperti kaca atau keramik, akan ada notes kecil yang bertuliskan:


“Memecahkan berarti membeli”

Sejak dulu, pesan ini menjadi pengingat untuk membuat pelanggan lebih berhati-hati.

Tetapi dengan pertumbuhan toko online, kini situasinya menjadi berbalik. Sekarang, jika pelanggan menerima barang yang rusak, maka mereka tidak akan membayarnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengirimkan produk dengan aman hingga tujuan akhir tanpa kerusakan apapun. 

Terkadang, penanganan yang salah atau penyusunan barang saat pengiriman dapat meningkatkan peluang kerusakan barang. Oleh karena itu, untuk memastikan pengiriman aman, Anda perlu memastikan bahwa packaging-nya sesuai dan tidak membahayakan produk. 

Salah satu peran bahan kemasan adalah menjaga produk tetap aman dari gesekan saat dikirim. Dengan barang pecah belah, Anda harus berhati-hati memilih bahan kemasan dan bagaimana cara mengemasnya agar pengiriman tetap aman selama dijalan. 

Selain itu, diperlukan juga sisipan kemasan seperti bubble wrap untuk menjaga barang pecah belah tetap pada tempatnya dan tidak rusak karena bolak-balik selama pengiriman.

Jadi, untuk membantu Anda, kami telah menyusun lima teknik pengemasan barang pecah belah agar tetap aman saat pengiriman hingga tujuan akhir.

Apa Itu Barang Fragile atau Pecah Belah?

Sebelum memulai, barang apa saja yang dimaksud dengan barang pecah belah?

Barang pecah belah merupakan bahan yang dapat dengan mudah pecah ketika mengalami benturan yang pelan sekalipun. 

Ini termasuk benda-benda yang biasanya terbuat dari kaca, keramik, kristal, dll. tetapi tidak terbatas pada tiga benda tersebut. Bahkan barang yang memiliki banyak lekukan dan lipatan dapat dianggap sebagai barang pecah belah.

Mengapa Packaging yang Aman Penting Untuk Barang Pecah Belah?

Packaging merupakan safety blanket sebagai pengaman di sekitar produk pecah belah. Berikut adalah beberapa alasan Anda membutuhkan packaging yang aman untuk produk pecah belah.

Keamanan

Bahan packaging harus memberikan keamanan pada paket agar tidak pecah saat menghadapi gaya benturan yang rendah atau tinggi. 

Jika suatu barang dikirim melalui jalur udara, besar kemungkinan akan terjadi gesekan dengan paket lain yang dapat menyebabkan kerusakan jika produk tidak dikemas dengan benar. 

Oleh karena itu untuk menjaga produk dan keamanannya, pengemasan memiliki peranan penting. 

Unboxing Experience yang Tidak Menyenangkan

Jika pelanggan menerima produk yang rusak, itu akan menyebabkan customer experience yang buruk. 

Tidak ada yang suka membuka paket dan menerima produk dengan goresan, retak, atau bengkok.

Pengalaman buruk ini bahkan dapat membuat mereka tidak pernah memesan dari Anda lagi. Akibatnya, Anda bisa kehilangan pelanggan setia hanya karena Anda tidak memperhatikan cara mengemas produk yang rapuh.

Peningkatan Barang Retur

Pengembalian barang akan menimbulkan biaya yang mahal karena Anda harus membayar ekstra ke perusahaan pengiriman untuk membawanya kembali ke gudang. Ditambah, Anda harus menanggung biaya kerusakan. 

Jadi, pastikan pengemasan dilakukan dengan benar untuk menghindari pengembalian karena barang rusak.

Cara Aman Mengemas Barang Fragile atau Pecah Belah

Gunakan Kotak Kemasan Kecil

Aturan umum untuk mengemas barang rapuh adalah menggunakan kotak kemasan yang fit atau sedikit lebih besar dari ukuran produk. 

Sehingga tidak meninggalkan ruang kosong bagi produk untuk bergeser dan produk dapat tetap berada di satu tempat. Ini membatasi gerakan dan dengan kuat menyatukan paket.

Jika kemasan Anda memiliki ruang kosong, maka ruang tersebut dapat diisi dengan dunnage untuk keamanan tambahan. Ini akan memberikan keamanan pada produk dari gesekan selama pengiriman. 

Selain itu, selotip yang digunakan harus tebal agar tidak mudah terbuka, dan Anda harus menyegel lebih dari satu kali untuk memastikan bahwa kemasan tidak terbuka bahkan dalam kondisi guncangan yang paling keras sekalipun.

Safety Cushioning Material

Barang pecah belah harus selalu dikemas dengan bahan yang dapat memberikan lapisan keamanan tambahan. Misalnya, Anda dapat membungkus produk dengan bubble wrap untuk memastikan bahwa produk terlindungi dengan baik jika terjadi benturan. 

Jadi, jika produk Anda dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dan menghadapi benturan yang kuat dari objek eksternal, tidak akan mudah pecah. Ada beberapa bahan bantalan yang tersedia untuk berbagai produk pecah belah yang dapat Anda pilih.

Packaging Peanuts or Foam Nuts

Setelah Anda mengemas barang rapuh Anda dalam kotak dengan ukuran yang sesuai, Anda harus mengisi ruang kosong dengan packaging peanuts atau foam nuts.

Tonase ini akan membantu melindungi barang dari benturan dan meredam goncangan sebelum mempengaruhi produk. Sekali lagi, ini membentuk lapisan tambahan antara kemasan eksternal dan produk.

Double Box Packaging

Untuk barang yang rapuh dan mahal, Anda harus mengemas produk ini dua kali lipat lebih aman. Anda bisa mengikuti metode kemasan Double Box dengan teknik box-in-box.

Letakkan produk di kotak kecil, kemudian masukkan kotak kecil ini di dalam paket yang lebih besar, dan mengisi ruang di antara dua kotak dengan mur atau dunnage lainnya.

Label Stiker Fragile

Last but not least, sangat penting untuk memberi label paket dengan label 'FRAGILE' atau 'Handle With Care' dalam huruf tebal. Ini akan mengingatkan orang yang menangani produk untuk memastikan produk tetap aman sehingga bahan di dalamnya tidak rusak atau retak.

Anda dapat menyebutkan informasi ini di aplikasi yang Anda gunakan untuk menyegel paket atau mencetaknya langsung pada bahan kemasan.

Kesimpulan

Untuk memastikan kemasan barang pecah belah yang aman, Anda harus mengikuti panduan dan teknik pengemasan dengan benar. 

Jika tidak dilakukan dengan benar, hal itu dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi bisnis dalam hal uang dan reputasi. 

Sehingga ini saat yang tepat untuk mencari mitra pengiriman yang menawarkan asuransi, seperti ABC Express, untuk barang yang rusak sehingga Anda setidaknya dapat mengklaim sebagian dari nilai produk jika valid. 

ABC Express memberikan layanan pengiriman kargo door to door, termasuk melayani pengemasan produk kiriman Anda dengan aman.

Kami menyediakan bahan kemasan kualitas yang baik dengan harga yang sesuai.

Anda dapat menggunakan bahan kemasan kami untuk mengemas barang rapuh Anda dengan aman untuk pengiriman dan memberikan unboxing experience yang menyenangkan. Kemasan kami dibuat menggunakan bahan terbaik untuk memenuhi ekspektasi tertinggi.

Anda dapat memesan layanan kirim kargo dari situs web ABC Express, atau Whatsapp Center ABC Express dan tim kami akan mengurus paket Anda hingga ke depan pintu Anda tanpa biaya pengiriman tambahan.