Cara Aman Kirim Kargo Makanan, Minuman, Frozen Food, dan Barang Mudah Rusak Lainnya

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Cara Kirim Kargo Makanan, Minuman, Frozen Food

Daging, seafood, buah, sayuran, dan minuman, seperti kopi, wine, dan minuman beralkohol, merupakan beberapa komoditas paling populer di dunia. 

Selain populer, komoditas ini merupakan salah satu yang paling menantang untuk dikirimkan karena umur simpan produk yang terbatas.

Semua perusahaan pada industri makanan dan minuman pasti memiliki masalah dengan waktu, penyimpanan suhu yang tepat, dan memastikan transportasi memiliki verifikasi yang tepat.

Maka dari itu, ketika akan mengirimkan produk yang sensitif terhadap waktu, perusahaan harus meluangkan waktu untuk memilih layanan kirim kargo dengan kualitas tinggi dan ketepatan waktu. 

Kenapa?

Jika salah satunya gagal, maka bisa menyebabkan seluruh pengiriman menjadi sia-sia. 

Lalu bagaimana cara mengirimkan kargo makanan & minuman yang aman dan tepat waktu? Selengkapnya dibahas di artikel berikut!

Makanan yang Mudah Rusak vs Tidak Mudah Rusak

Makanan dan minuman terbagi dalam dua kategori dasar, yaitu barang mudah rusak (perishable goods) dan barang tidak mudah rusak (non-perishable goods).

Consumable products atau produk habis pakai dianggap perishable jika dapat rusak, membusuk, atau menjadi beracun dengan cepat. Produk-produk ini berisiko tidak dapat dimakan, atau bahkan tidak aman konsumsi, jika terganggu selama pengiriman. 

Makanan yang mudah rusak memiliki persyaratan pengiriman khusus, seperti:

  • Disimpan dan dikirim dengan suhu ruang tertentu, seperti frozen food.
  • Membutuhkan container yang tertutup rapat
  • Butuh pengiriman cepat karena produk makanan bisa terlalu matang atau membusuk, seperti buah dan sayuran mentah.

Kondisi penyimpanan atau pengiriman yang tidak tepat dapat merusak produk. Hal ini dapat menyebabkan penerima harus membuang produk yang terlanjur rusak, atau bahkan konsumen bisa membeli dan memakan bahan berbahaya yang membuat mereka sakit.

Di sisi lain, non-perishable goods tentu tidak begitu rapuh jika dibandingkan dengan perishable goods. Produk lebih tahan terhadap guncangan saat pengiriman, delay, atau dapat disimpan pada suhu ruang dengan durasi yang lama.

Tantangan Kirim Kargo Makanan dan Minuman

Jika Anda mengirimkan makanan segar atau beku, kendala akan muncul dengan sendirinya. Selain memenuhi kebutuhan dan deadline, Anda juga perlu memastikan bahwa produk dan daging tetap segar, dan produk frozen tidak boleh mencair selama pengiriman. 

Dengan bekerja sama dengan ABC Express, kami dapat membantu Anda memilih layanan pengiriman makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda, dan membuat rute transportasi yang memastikan produk Anda tiba dalam keadaan segar dan siap dipasarkan.

Perusahaan yang membutuhkan layanan pengiriman alkohol mungkin menghadapi kendala lain seperti undang-undang dan peraturan seputar pengiriman alkohol.

Jenis Makanan yang Sensitif terhadap Waktu

Makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, produk susu dan daging adalah jenis makanan yang paling sensitif terhadap waktu. Produk makanan ini memiliki umur simpan yang pendek, mudah rusak selama pengiriman, dan perlu dijaga pada suhu tertentu.

Misalnya, direkomendasikan agar produk keju disimpan antara 0°C - 4°C, sementara daging segar antara -2°C - 0°C.

Pengiriman frozen food juga membutuhkan layanan yang lebih rumit. Frozen food harus dikirim dengan frozen freight truck. Suhu internal truk harus diturunkan hingga -7°C sebelum loading dan harus menjaga suhu di bawah -12°C secara konsisten di perjalanan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah suhu internal produk di atas -12°C. Jika suhu internal produk beku di atas -12°C saat tiba, ada risiko kiriman tidak diterima.

Rekomendasi Truk Pengiriman

Meskipun demikian, pengemasan tetap penting untuk pengiriman makanan ke seluruh negeri, karena pengemasan yang tepat memastikan bahwa wadah makanan Anda (yaitu kotak, kaleng, botol, tong, dll.) tidak rusak di sepanjang jalan. Karena banyak pihak tidak akan menerima kaleng penyok atau kotak yang rusak, sangat penting untuk mengemas setiap muatan barang dengan benar, dengan mempertimbangkan isi muatan truk penuh.

Pengiriman makanan segar dan beku biasanya membutuhkan truk dengan pengatur suhu untuk transportasi makanan. Truk dengan pengontrol suhu dapat menangani muatan truk penuh dan angkutan LTL, dan memungkinkan Anda memilih suhu yang Anda inginkan untuk menyimpan makanan Anda.

Beberapa truk kargo yang dikendalikan suhu memungkinkan Anda memilih suhu yang berbeda untuk kompartemen yang berbeda di truk, sementara yang lain mengharuskan semua makanan di kargo dikirim pada suhu yang sama. Makanan segar dan beku juga dapat diangkut dengan truk berinsulasi, menggunakan es kering, tetapi ini bisa menjadi metode pengiriman yang kurang dapat diandalkan untuk menjaga kesegarannya.

Truk dengan pengatur suhu juga dapat membawa makanan yang tidak mudah busuk, tetapi perlu diingat bahwa truk berpendingin cenderung lebih mahal untuk digunakan. Anda sebaiknya mendiskusikan logistik rantai pasokan makanan dan logistik minuman Anda dengan profesional bersertifikat di FreightRun sebelum menentukan jenis transportasi truk makanan yang ingin Anda gunakan.

Memilih Layanan Pengiriman Kargo Makanan Terbaik

Ada banyak perusahaan kargo makanan dan minuman yang dapat dipilih di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, meskipun memilih mitra yang tepat untuk kebutuhan pengiriman Anda sangat penting, kami memahami bahwa tugas tersebut bisa sangat berat.

Itulah sebabnya ABC Express memiliki jaringan nasional perusahaan pengiriman barang tepercaya untuk Anda pilih.

Kami akan bekerja dengan Anda untuk mengirimkan bahan makanan dan minuman Anda dalam keadaan terbaik.

Apa pun kebutuhan pengiriman Anda, ABC Express dapat membantu Anda mengirimkan kargo dengan lancar hingga ke tujuan akhir.

ABC Express adalah perusahaan pengiriman kargo domestik dan internasional yang mengoperasikan layanan reguler tanpa gangguan sepanjang Ramadhan, di seluruh dunia.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!