Best Practice Pengiriman Alat Kesehatan

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
cara terbaik kirim kargo alat kesehatan

Cara terbaik dalam pengiriman logistik kesehatan membutuhkan standar dengan tingkat tertinggi. Mulai dari pil obat hingga MRI scanner, semua alat kesehatan membutuhkan solusi pengiriman yang aman dan terjamin. 

Pandemi Covid-19 menyebabkan lonjakan permintaan alat kesehatan yang tinggi, dan pengiriman yang aman harus menjadi prioritas utama.

Sebagian besar alat kesehatan memiliki dampak langsung dan kritis terhadap kesehatan. Contohnya obat-obatan yang perlu disimpan dan dikirim dalam lingkungan yang spesifik dan konsisten. Obat-obatan tidak toleransi terhadap beberapa faktor eksternal seperti suhu dan kelembaban, karena keseimbangan kimianya dapat terancam. 

Selain obat jadi kurang efektif, hal tersebut juga dapat menyebabkan efek berbahaya. Bukan hanya obat-obatan yang membutuhkan perhatian khusus, perlengkapan mobilitas, seperti tempat tidur rumah sakit dan kursi roda juga butuh penanganan khusus.

Ada banyak pertimbangan regulasi medis saat mengangkut perbekalan kesehatan. Berikut adalah beberapa contoh praktik terbaik khusus dalam logistik perbekalan kesehatan.

Pharmaceuticals

Termasuk obat apa pun yang memiliki reaksi kimia di dalam tubuh:

  • Obat bebas (obat yang dapat dipesan sendiri oleh konsumen).
  • Obat resep (memerlukan apoteker untuk mengeluarkan obat, atas perintah dokter).

Syarat Packing Obat-obatan:

Pengemasan obat-obatan membutuhkan informasi, label, dan sisipan khusus. Container harus tahan terhadap kerusakan (seperti menggunakan kemasan blister dan child-resistant lids). 

Obat-obatan sensitif terhadap perubahan suhu, kelembaban, cahaya, guncangan dan getaran. Oleh karena itu, material penyimpanan harus kuat, sebagai lapisan pelindung untuk mencegah kerusakan fisik. 

Bagaimana dengan obat non-resep, seperti aspirin atau ibuprofen? Obat yang dijual bebas tidak perlu mengikuti aturan pengemasan tertentu. Namun, untuk memastikan integritas, kemaslah dengan baik untuk mengurangi paparan suhu ekstrem atau kerusakan produk.

Bagaimana cara mengirimkan obat yang sensitif terhadap suhu? Dua cara umum untuk mengatur suhu saat pengiriman:

Lingkungan yang aktif

Contoh: truk berpendingin untuk menyimpan semua barang pada suhu tertentu.

Lingkungan pasif

Contoh: wadah berinsulasi untuk menjaga iklim yang konsisten untuk paket individu.

Read: Cara Aman Kirim Peralatan Laboratorium & Alat Kesehatan

Peralatan bedah

Instrumen bedah termasuk alat atau perangkat yang digunakaan selama operasi, seperti gunting, tang, klem dan pisau bedah.

Syarat Packing Instrumen Bedah

Instrumen bedah harus bebas dari kontaminasi organisme asing. Debu, kotoran, dan bahkan udara dapat membahayakan kebersihan alat-alat ini. 

Untuk pengiriman instrumen bedah, umumnya disimpan dalam kantong plastik yang tertutup rapat dan tidak mudah rusak. Kemasan luar harus kokoh dan aman, untuk mencegah tiap barang dan kemasan dalam dari kerusakan fisik.

Sterile totes dapat digunakan untuk mengangkut peralatan steril penting ke rumah sakit untuk operasi, atau untuk transfer keluar dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya.

Cara Kirim Instrumen Bedah

Saat dalam pengiriman, lakukan tindakan pencegahan ekstra. Misalnya, jika lingkungan lembab, kemasan harus diperiksa kondensasinya. 

Hal yang sama berlaku untuk barang-barang yang terkena dua suhu yang berbeda (seperti lingkungan ber-AC dan sangat panas).

Peralatan Diagnostik

Peralatan diagnostik digunakan untuk mendiagnosis, memantau, atau mengobati kondisi medis. Peralatan bisa besar, berat dan kompleks, seperti MRI scanner dan mesin X-Ray.

Syarat Packing Peralatan Diagnostik

Packaging harus mempertimbangkan kompleksitas mesin dan pentingnya ketepatan waktu. Packaging dapat dibuat sederhana untuk pembongkaran cepat dan perakitan mudah pada saat kedatangan. 

Cara Kirim Peralatan Diagnostik

Peralatan diagnostik sering dikirim dengan waktu yang cenderung mendesak. Untuk pengiriman yang dipercepat, penting untuk bekerja sama dengan vendor pengiriman yang dapat menawarkan pengiriman langsung. 

Untuk memastikan bahwa peralatan diagnosis Anda menjangkau wilayah yang paling terpencil sekalipun, seperti ABC Express yang dapat menjangkau daerah terluar dan terjauh di Indonesia.

Perlengkapan Medis dan Mobilitas

Alat pada kategori ini adalah persediaan yang membantu mobilitas atau rehabilitasi medis. Contohnya adalah tempat tidur rumah sakit, kursi roda dan skuter mobilitas. 

Meskipun umumnya pengiriman alat ini tidak membutuhkan syarat khusus, tetapi alat pada kategori ini banyak yang berukuran besar sehingga membutuhkan penanganan khusus. 

Syarat Packing Perlengkapan Medis

Barang-barang di kategori ini kebanyakan lebih tahan banting, sehingga tidak membutuhkan perlindungan yang rumit. 

Namun, untuk praktik terbaik dalam pengirimannya pasokan medis, packing masih memerlukan pertimbangan khusus. Karena ukuran dan beratnya, peralatan ini membutuhkan kemasan yang kokoh untuk stabilitas dan perlindungan. 

Padding interior, termasuk blocking dan bracing, memastikan peralatan tetap aman. Di beberapa kasus, palet diperlukan untuk membantu manuver barang-barang ini di sekitar gudang dan dalam perjalanan.

Read: Panduan Kirim Barang Berbahaya atau Dangerous Goods

ABC Express Bisa Membantu Anda

Partner pengiriman barang profesional akan menangani persediaan rumah sakit yang rapuh seperti pemindai CT, laser, photography, and surgical testing equipment dengan menggunakan kemasan khusus untuk menawarkan bantalan dan penyangga yang kokoh dan aman.

Dipercaya oleh berbagai perusahaan alat kesehatan, ABC Express berpengalaman menangani pengiriman alat kesehatan sampai tujuan ke seluruh wilayah Indonesia.

Penanganan Khusus yang diberikan oleh ABC Express:

Temprature-Controlled: Memastikan produk dan suplai medis yang sensitif tetap berada pada suhu yang tepat.

Liftgate: Layanan liftgate untuk memudahkan bongkar muat barang kiriman

Expedited Service: Jasa pengiriman yang dipercepat ketika barang dibutuhkan untuk cepat sampai

Percayakan pengiriman alat kesehatan ke ahlinya, ABC Express. Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!