Mengenal Manajemen Retail Logistic

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
retail logistic management

Salah satu aspek yang menjadi perhatian utama pada bisnis ritel dan e-Commerce adalah kepuasan pelanggan

Para seller berlomba-lomba untuk mengirimkan barang berkualitas kepada pelanggan mereka dan menawarkan layanan tepat waktu dengan mengurangi delay pengiriman, hal ini merupakan aspek inti dari manajemen logistik.

Dalam bisnis ritel, logistik berurusan dengan perpindahan barang dari titik asal ke konsumen. 

Seller eCommerce akan berusaha mengoptimalkan solusi logistik untuk memberikan layanan pengiriman terbaik bagi pelanggan mereka dengan harga terbaik.

Logistik ritel adalah aspek penting dari supply chain yang digunakan perusahaan untuk menjaga hubungan yang sehat dengan pelanggan mereka. Untuk brand yang telah mengembangkan manajemen logistik ritelnya, pelanggan umumnya telah memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut yang membuat mereka tetap loyal.

Apa itu logistik pada bisnis retail dan perannya dalam membentuk kepuasan pelanggan yang berdampak bagi bisnis? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa itu Logistik Ritel?

Bagi bisnis yang menjual produknya langsung ke pelanggan (B2C), logistik ritel sangat penting untuk mengantarkan barang dari produsen hingga ke toko atau langsung ke tangan pelanggan.

Keberhasilan setiap logistik ritel harus melalui tahapan yang terdiri dari:

  • Inventory management
  • Order fulfillment and shipping
  • Returns management

Ketiga tahapan diatas merupakan tugas yang cukup berat jika setiap aspek dilakukan sepenuhnya oleh masing-masing bisnis. Solusi yang dapat digunakan untuk menghindari tugas yang berat ini adalah melakukan outsourcing ke partner logistik yang ahli sehingga dapat menghemat banyak waktu dan kesalahan bisnis.

Aspek Utama pada Logistik Ritel

Saat membahas logistik di ritel, umumnya berhubungan erat dengan proses pengiriman. Tentu saja pengiriman adalah proses yang penting, tetapi pengiriman hanya salah satu aspek dari keseluruhan proses. 

Selain pengiriman, pada proses logistik ritel terdapat aspek lain seperti manajemen gudang, manajemen inventaris, metode pengiriman yang hemat biaya, pelacakan inventaris, atau manajemen pengembalian.

Procuring inventory

Mustahil untuk membahas perpindahan barang tanpa mengikutsertakan persediaan yang tersedia untuk memenuhi pesanan. 

Procuring inventory membantu bisnis menghindari ketidaktersediaan barang saat dibutuhkan. Melalui procurement, barang dagangan disediakan untuk memenuhi permintaan secara tepat waktu.

Bisnis harus menyinkronkan procuring inventory dengan logistik ritel untuk menghindari kekecewaan pelanggan. 

Bagaimana caranya?

Dengan segera melakukan procuring inventory ketika mendekati jatuh tempo. Proses procurement yang efektif adalah langkah pertama menuju logistik yang sukses dalam bisnis ritel.

Receiving and processing inventory

Setelah proses procuring inventory berhasil, tahap logistik ritel berikutnya adalah menerima dan memproses produk bisnis.

Pada tahap ini, persediaan telah diterima, didokumentasikan, dan disimpan. 

Selain itu, persediaan juga diperiksa untuk memastikan bahwa produk tersebut asli dan sesuai dengan spesifikasi dan standar pelanggan. 

Pada tahap ini, berikan perhatian khusus untuk perincian dan ketepatan, karena kesalahan atau kelalaian dapat merugikan bisnis.

Distributing inventory

Secara sederhana, bisnis mendistribusikan produk mereka ke beberapa gudang dan pusat distribusi agar memudahkan proses distribusi produk ke pelanggan. 

Selain memudahkan proses distribusi, pendekatan ini dibuat dengan tujuan utama untuk mengurangi waktu pengiriman dan biaya pengiriman.

Partner logistik dengan akses ke banyak gudang dapat menghemat waktu, sehingga menjadikan aspek logistik ritel ini lebih cepat dan mudah.

Order fulfillment

Saat pesanan diterima, proses berikutnya adalah memastikan bahwa produk siap untuk dipenuhi dan tersedia untuk dikirim. 

Biasanya pada tahap ini bisnis akan mengirimkan email konfirmasi bahwa pesanan dapat dikirim, termasuk detail yang ingin dilihat pelanggan terkait pesanan mereka.

Pada tahap ini, pembayaran dilakukan. Picker diberitahu dengan detail produk yang akan dikemas dan dikirimkan secepat dan seefektif mungkin.

Inventory tracking

Manajemen dan pelacakan inventaris adalah bagian penting dari bisnis logistik. Tahap ini sangat penting dalam membantu perusahaan mendapat update dan melacak tingkat persediaan yang berubah dan kebutuhan untuk mengisi ulang inventaris.

Dengan melacak inventaris, Anda juga dapat melacak pesanan secara bersamaan, memantaunya untuk memberikan update kepada pelanggan terkait pengiriman mereka.

Shipping orders

Pengiriman adalah salah satu aspek logistik yang paling penting namun rumit. 

Apa yang membuat proses pengiriman rumit?

Hal ini disebabkan oleh banyaknya hal yang bisa terjadi selama pengiriman - keterlambatan, kehilangan barang, pengiriman ke lokasi yang salah, atau bahkan kerusakan.

Untuk tetap kompetitif dengan para kompetitor, bisnis harus menerapkan strategi khusus untuk memuaskan pelanggan.

Return management

Salah satu aspek penting dari logistik untuk dikelola dengan baik adalah pengembalian barang.

Jika perusahaan tidak memiliki kebijakan pengembalian, perusahaan tidak hanya akan kehilangan uang tetapi juga pelanggan. 

Dengan kebijakan pengembalian yang diintegrasikan ke dalam layanan logistik perusahaan, pelanggan akan lebih menghormati brand tersebut.

Tantangan pada Logistik Retail

Memahami tantangan dalam logistik ritel akan membantu melakukan antisipasi sehingga pelanggan tetap senang.

Meningkatnya ekspektasi konsumen

Sejak eCommerce memperkenalkan pengiriman same day, telah terjadi pergeseran ekspektasi pelanggan, terutama dengan waktu pengiriman. 

Pengiriman gratis, same day, dan next day adalah ekspektasi lain yang dimiliki pelanggan saat membuat keputusan pembelian.

Mengurangi waktu pengiriman, bahkan hanya satu hari lebih cepat akan membantu menciptakan ikatan yang kuat dengan pelanggan. Penyesuaian waktu tunggu ini dapat dilakukan melalui distribusi inventaris di seluruh gudang, sehingga produk lebih dekat ke pelanggan. Dengan cara ini, biaya pengiriman berkurang serta lead time.

Kurangnya visibilitas inventaris

Visibilitas inventaris adalah bagian penting dari logistik ritel. Hal ini membantu retailer melacak inventaris mereka saat ini dan mengetahui unit SKU real-time yang tersedia di berbagai gudang dan pusat distribusi mereka. 

Hal ini memungkinkan retailer untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait tingkat stok. Selain itu, visibilitas inventaris sangat penting untuk memenuhi harapan pelanggan setiap saat.

Sayangnya, aspek ini dapat dengan mudah melumpuhkan logistik ritel bisnis apa pun.

Kompleksitas supply chain

Salah satu faktor signifikan yang mempengaruhi logistik ritel adalah gangguan pada supply chain ritel. 

Perusahaan yang mencari produk di luar batas bukan tidak mungkin menghadapi tantangan khusus dari waktu ke waktu. 

Tetapi dengan masalah global yang mengharuskan penghentian produksi, banyak bisnis harus berurusan dengan berkomunikasi dengan pelanggan tentang penundaan pengiriman.

Misalnya, pandemi global yang mempengaruhi logistik ritel, sehingga sulit untuk mengakses barang-barang yang dikirim secara internasional. 

Beberapa bisnis juga akan terkena imbas dari perang Rusia-Ukraina saat ini, terutama jika mereka mencari barang di negara tersebut.

Jalan keluar dari gangguan tak terduga ini adalah dengan mendiversifikasi manajemen rantai pasokan mereka agar lebih fleksibel.

Biaya tinggi

Banyak perusahaan memasukkan biaya logistik ritel ke dalam harga barang yang dijual. 

Namun, pendekatan ini bisa jadi tidak pasti, terutama ketika penjual produk lain menjual dengan harga lebih rendah. Dan ini hanya bisa berarti persaingan.

Karena harga yang lebih rendah menarik pembeli, perusahaan dapat ditekan untuk menurunkan biaya. 

Namun sayangnya, ketika mereka melakukan hal ini, hal itu mempengaruhi keuangan perusahaan.

Cara Meningkatkan Manajemen Logistik di Industri Ritel

Terlepas dari berbagai tantangan logistik ritel yang melekat, ada trik untuk mengoptimalkan layanan logistik untuk hasil yang lebih baik. 

Namun, salah satu cara yang terbukti adalah mengimplementasikan logistik ritel melalui berbagai omnichannel. Implementasi ini memungkinkan pelanggan untuk membeli secara online - di perangkat seluler, desktop, dan mengembalikan produk di toko.

Outsource manajemen logistik kepada ahlinya

Logistik Ritel adalah bagian rumit dari setiap bisnis eCommerce yang membantu brand mencapai tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi. 

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, bermitra dengan 3PL yang berpengalaman dalam logistik ritel adalah pilihan yang lebih baik. 

Mitra logistik akan menangani bagian rumit logistik ritel Anda dan memberi Anda waktu untuk membangun merek dengan berfokus pada aspek lain yang penting.

Manajemen Logistik di Industri Ritel dengan ABC Express

Manajemen logistik sangat rumit dan dan mahal jika dilakukan pemenuhan in-house. Namun, ini adalah bagian rumit dari setiap bisnis eCommerce yang membantu brand mencapai tingkat loyalitas yang tinggi dari pelanggan.

Selain itu, menangani logistik memerlukan ruang dan staf, yang mungkin tidak dimiliki oleh struktur bisnis Anda. 

ABC Express memiliki layanan pengiriman yang merata hingga ke kota terluar dan terjauh untuk membantu Anda mengelola banyak layanan logistik ritel dengan lancar.

Anda juga menikmati presisi dan akurasi dalam pemenuhan pesanan dan pilihan pengiriman yang hemat biaya dari berbagai layanan pengiriman

Di ABC Express, kami bangga menjadi ahli pengiriman yang berat, besar, dan besar. Kami dengan senang hati membantu Anda menemukan cara untuk mengirimkan paket besar Anda dengan harga murah. Cukup hubungi kami disini!