Tips Aman Kirim Spare Part Mobil ke Seluruh Indonesia

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Cara kirim spare part suku cadang kendaraan

Ada kesamaan antara pemilik mobil klasik yang akan merestorasi mobilnya dengan pemilik mobil yang hoby melakukan modifikasi, yaitu sulit menemukan spare part yang sesuai.

Saat ini suku cadang otomotif banyak diperjualbelikan secara online, dan artinya spare part tersebut harus melalui proses pengiriman ke pembelinya. 

Spare part mobil tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahan. Beberapa mungkin sulit untuk dikemas sementara banyak spare part yang masuk dalam kategori dangerous goods.

Sebelum melakukan pengiriman spare part, sebaiknya lakukan full assessment terhadap proses pengiriman. 

Mulai dari strategi strategi pengemasan yang aman, apakah menggunakan pallete? atau crate? Wrapping, padding dan sealing sebaiknya digunakan sebelum mengirimkan spare part mobil.

Setelah memahami cara pengemasan spare part yang aman, kini saatnya bersiap untuk pengiriman. 

Tidak ingin spare part rusak saat proses pengiriman? Percayakan pengiriman suku cadang kendaraan dengan vendor pengiriman yang telah berpengalaman seperti ABC Express. Bersama ABC Express Anda akan mendapat akses ke portofolio resource yang dapat membantu Anda menavigasi pengiriman suku cadang otomotif dengan mudah.

Golden Rule Pengiriman Spare Part Mobil

Langkah pertama dalam pengiriman spare part mobil adalah menguras semua liquid. 

Cairan seperti oli, dan bahkan air, dapat menimbulkan bahaya serius bagi spare part tersebut, serta pengemudi dan personel lainnya. Selain itu, dapat menyebabkan packaging rusak karena terkena cairan. 

Jadi, terlepas dari metode packing yang dipilih, selalu periksa dan pastikan untuk tiriskan semua cairan.

Spare Part yang Bisa Dikirim

Setiap vendor pengiriman memiliki aturan yang sedikit berbeda terhadap pengiriman suku cadang yang dapat dikirim.

Pastikan untuk memeriksa persyaratan setiap vendor untuk memastikan apakah suku cabang yang akan dikirim diizinkan atau tanyakan kepada tim customer support ABC Express disini!

Ada beberapa aturan yang berlaku hampir secara universal, untuk semua vendor pengiriman. 

Pertama, tidak dapat mengirim cairan, atau komponen apa pun yang mengandung cairan. Jika bagian dari mobil ada yang mengandung cairan, maka wajib memiliki sertifikat pembersihan yang menunjukkan bahwa mesin atau spare part tersebut telah dibersihkan dari semua cairan. Ini relevan dengan suku cadang mobil seperti;

  • Radiator
  • Fluid reservoirs
  • Tangki bahan bakar
  • Mesin
  • Gearbox dan diferensial

Komponen yang terbuat dari kaca, meskipun sebagian, mungkin tidak dicover oleh protection cover seperti jendela, kaca depan, kaca spion, dll. 

Baterai dan airbag juga tidak cocok untuk dikirim menggunakan layanan kurir biasa, melainkan harus dikirim oleh vendor pengiriman yang telah berpengalaman mengirimkan kargo kendaraan seperti ABC Express.

Banyak vendor pengiriman juga memiliki limit ukuran dan berat paket, jadi pastikan untuk mengukur dimensi dan berat paket (termasuk berat kemasan).

Paket harus dikemas dan siap untuk pengiriman sebelum memasukkan detailnya ke dalam kalkulator pengiriman kami untuk memastikan mendapatkan tarif pengiriman yang benar.

Cara Kirim Mesin Mobil

Karena berat dan mengandung bahan berbahaya, mesin tidak dapat dikirim menggunakan jasa kurir biasa. Karenanya,, mesin sering dikirim menggunakan angkutan LTL. 

Jika Anda mengirimkan mesin, ada dua cara untuk mengemasnya:

Mengirimkan mesin dalam crate

Kelas kargo: 70

Jika mengemas mesin ke dalam crate, pastikan mesin terpasang dengan benar di dalam crate untuk mencegahnya bergeser saat transit. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan pengepakan yang tepat, seperti engineered foam enclosures.

Mengirimkan esin dengan pallete

Kelas kargo: 85

Karena lebih terjangkau, pengiriman mesin dengan palet lebih umum daripada mengirim mesin dalam crate. Namun, pengiriman dengan pallete membutuhkan extra effort saat dikemas untuk memastikan mesin aman dan selamat. Ikuti langkah ini:

Tempatkan mesin di tengah pallete, lalu kencangkan di tempatnya menggunakan tali, rantai, atau tali pengikat. Disarankan untuk memasang 2x4 ke pallete sehingga mesin duduk di dudukannya, bukan di oil pan.

Setelah diamankan ke pallete, mesin harus sepenuhnya tertutup dengan menggunakan bahan isolasi seperti karton. 

Bungkus semuanya (termasuk pallete) dalam bungkus plastik, pastikan ada akses terbuka ke saluran masuk bahan bakar. Operator LTL akan memeriksa dengan dipstick untuk memastikan semua cairan telah dikeluarkan.

Cara Kirim Transmisi Mobil

Transmisi berada di kelas barang 85, terlepas dari apapun jenis kemasannya baik crate atau pallete. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirimkan transmisi:

Lepaskan bagian-bagian yang mudah rusak, seperti side shift consoles, dan kemas komponen-komponen tersebut ke dalam kotak terpisah.

Bersihkan transmisi dari oli berlebih.

 Jika hendak mengirim transmisi dengan pallete, pastikan transmisi berada di tengah untuk menghindari pergeseran. Amankan di tempatnya menggunakan tali, lalu bungkus dengan double-walled cardboard, dan terakhir bungkus dengan plastik. 

Seperti mesin, transmisi harus sepenuhnya tercover pelindung.

Cara Kirim Spare Part/Suku Cabang Mobil Lainnya

Pengiriman LTL juga ideal untuk pengiriman sejumlah spare part mobil yang besar lainnya, termasuk:

Bumper: Bumper tidak praktis, tetapi relatif mudah dikirim. Tantangannya adalah menemukan box yang sesuai dengan ukurannya.

Hoods: Seperti bemper, hoods cukup mudah dikirim jika dapat menemukan box berukuran sesuai. Pastikan untuk melindungi tiap sudut hoods saat dikemas.

Grills: Grills lebih halus daripada bagian lain, jadi pastikan grills dikemas secara aman dengan banyak bantalan.

Hubcaps: Pilih box berukuran tepat dengan space untuk bantalan yang memadai.

Ban: Ban berat tapi tahan lama. Gunakan box terpisah untuk setiap ban, pastikan cukup kuat untuk menahan beban, dan gunakan bahan kemasan yang memadai.

Tips Packing Spare Part Mobil

Dalam hal pengiriman suku cadang mobil, pengemasan dengan benar adalah kunci untuk memastikan suku cadang tersebut tiba di tujuan akhir dengan selamat.

  • Untuk spare part ringan seperti bumper atau hoods, air pillow bubble wrap dan kraft paper secara umum sudah cukup.
  • Untuk spare part berat seperti mesin atau transmisi, pilihan terbaik adalah spray foam filler, foam-in-plae, atau engineered foam enclosures.

Penting untuk Diingat

Apa pun spare part yang akan dikirim, pastikan untuk mencantumkan informasi berikut kepada vendor pengiriman LTL:

  • Dimensi kiriman (panjang x lebar x tinggi)
  • Berat kiriman. 
  • Pickup dan delivery ZIP code
  • Detail tentang lokasi pengambilan dan pengiriman. Misalnya, apakah ada dok atau forklift? Apakah itu tempat tinggal atau garasi?
  • Jenis dan model. Semakin banyak detail yang diberikan di luar klasifikasi umum seperti "mesin", semakin kecil kemungkinan kargo akan ditimbang ulang atau diklasifikasi ulang.

ABC Express Dapat Membantu!

Mengirim spare part mobil merupakan urusan mudah jika Anda tahu cara melakukannya. Mulai dari menggunakan kemasan yang tepat, menyelesaikan dokumen, dan mendapatkan harga terbaik dari vendor pengiriman tepercaya. 

Penting untuk diingat bahwa beberapa spare part mobil diklasifikasikan sebagai berbahaya, jadi Anda harus menghubungi vendor pengiriman untuk menghindari ketidaknyamanan atau biaya tambahan.

Urusan kirim spare part mobil antar pulau kini jadi lebih mudah karena Anda bisa memesan truk via internet. Cukup hubungi asisten ABC Express, Anda bisa langsung pesan jenis truk yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan mengirimkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!