Panduan Menyiapkan Pengiriman Kargo Alat Kesehatan

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Menyiapkan kargo kiriman alat kesehatan

Mengirim peralatan medis tidak terlepas dari beragam tantangan yang harus dihadapi dan diatasi. 

Tantangan pertama yang harus dihadapi adalah mengemas barang-barang ini dengan secara aman untuk melalui setiap tahap proses pengiriman. 

Ukuran, berat, dan nilai peralatan medis tentu menjadi alasan utama kenapa packing dan pengiriman ini jadi menantang.

Bagaimana jika ada barang yang rusak? Tentunya pihak yang bertanggung jawab harus menanggung biaya perbaikan yang mahal atau, lebih buruk lagi, mengganti barang sepenuhnya.

Solusi yang paling tepat adalah mempersiapkan barang untuk pengiriman dengan benar untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan, termasuk memahami bagaimana mempersiapkan berbagai jenis alat medis untuk pengiriman.

Persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mengirim peralatan medis? Simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Jenis Peralatan Medis yang Bisa Dikirim

Peralatan medis mencakup semua barang yang digunakan di lingkungan medis, seperti:

  • CT scanners
  • MRI machines
  • X-ray machines
  • Surgical devices
  • Lasers
  • Medication
  • Lab equipment
  • Hospital beds, treatment tables and other furniture
  • Miscellaneous medical supplies
  • Computers and peripherals

Rata-rata barang diatas berukuran besar atau berat. Beberapa diantaranya bisa jadi rapuh, dan mengandung komponen seperti lensa atau cermin. 

Obat-obatan dan supplies juga memiliki persyaratan khusus untuk pengiriman atau penyimpanannya.

Panduan Menyiapkan Alat Kesehatan untuk Pengiriman

Lakukan enam langkah berikut untuk mempersiapkan pengiriman alat kesehatan Anda

Evaluasi Sebelum Packing

Evaluasi secara menyeluruh diperlukan karena barang-barang ini sangat bervariasi dalam hal ukuran, bentuk, kerapuhan, dan berat. 

Akibatnya, untuk dapat menyelesaikan tugas secara efisien dan berhasil, shipper harus mengetahui secara tepat jenis dan jumlah peralatan yang akan dikirim.

Peralatan medis harus ditangani dengan sangat hati-hati dan oleh para ahli yang memiliki keahlian, pengalaman, dan peralatan yang sesuai untuk menanggapi tuntutan tugas yang sesuai. 

Jika dilakukan oleh orang yang tidak familiar dan tidak memahami prosesnya, dapat mengakibatkan peningkatan risiko kerusakan atau bahkan kehancuran pada beberapa peralatan medis selama proses pengiriman.

Tailored Packing

Ada alat kesehatan yang memerlukan penggunaan crate/peti yang dibuat khusus atau packaging spesifik untuk keamanan yang sempurna. 

Oleh karena itu, evaluasi pada tahap sebelumnya akan berperan penting untuk tujuan ini. 

Setelah pengirim mengetahui dengan tepat ukuran dan berat barang kiriman, pengirim dapat meminta customized crate yang khusus dan menjamin perlindungan dari abrasi, goncangan, kelembapan, perubahan suhu, dan getaran.

Packing yang Diperlukan

Saat menyiapkan peralatan medis untuk pengiriman, penggunaan bahan kemasan khusus adalah suatu keharusan. 

Untuk beberapa peralatan dapat disimpan menggunakan karton standar atau kotak plastik, tetapi umumnya, barang yang sensitif memerlukan crate/peti yang dibuat khusus untuk perlindungan terbaik. 

Selain itu, menggunakan bahan bantalan berkualitas premium adalah strategi yang dibutuhkan saat mengeliminasi kemungkinan kerusakan.

Jika pengirim memilih pengiriman via laut, cari vapor barrier packaging untuk keamanan maksimal. Pada pengiriman via laut, penting untuk menggunakan kemasan anti lembab dan uap untuk mencegah korosi pada permukaan logam yang dapat merusak fungsi peralatan.

Bantuan Profesional 

Kirim via udara atau laut?

Jika Anda masih belum memutuskan moda pengiriman, maka melibatkan bantuan profesional adalah opsi yang tepat.

Profesional juga akan memberikan masukan terkait proses dan menilai kualitas layanan yang akan didapatkan.

Pastikan untuk memahami praktik yang biasa dilakukan jasa pengiriman saat menyiapkan peralatan medis untuk pengiriman.

Lakukan riset detil sebelum memutuskan jasa pengiriman yang dapat Anda percayai. 

Pastikan jasa pengiriman tahu dengan benar cara mengemas peralatan diagnostik, bedah dan lab, pemindai CT, laser, perangkat sinar-X, dan mesin MRI. 

Mereka harus dapat diandalkan dan kompeten untuk membongkar peralatan ini, mengamankan semua bagian, mengemas, dan, akhirnya, memuatnya ke dalam wadah pengiriman. 

Asuransi

Langkah penting dalam proses mempersiapkan peralatan medis untuk pengiriman adalah mendapatkan asuransi yang tepat. 

Sebaik apapun persiapan yang dilakukan, selalu ada risiko kecelakaan yang tidak terduga yang dapat membahayakan keselamatan peralatan dalam proses pengiriman. 

Asuransi adalah satu-satunya solusi yang menjamin ketenangan pikiran dan pengetahuan bahwa pengirim telah membahas semua skenario potensial dari proses pengiriman yang akan datang.

Memakan Waktu

Waktu adalah hal yang dibutuhkan untuk menangani setiap tugas dengan komitmen penuh dan perhatian penuh dan akhirnya menyiapkan peralatan medis untuk pengiriman dengan cukup baik. 

Memulai jauh sebelum deadline berarti memberi kesempatan untuk mempertimbangkan kembali beberapa keputusan sebelum menjadikannya final. 

Jika Anda memahami betapa rumitnya proses ini, Anda akan memahami betapa pentingnya meminimalkan semua potensi kesulitan. Bantuan profesional adalah inti dari proses ini karena Anda memerlukan keahlian untuk menyelesaikan proses dengan sukses.

Solusi Kirim Peralatan Medis

Untuk memastikan fasilitas kesehatan tetap tersedia, pengiriman harus ditangani dengan cepat dan tepat untuk menghindari barang cacat.

Dipercaya oleh berbagai perusahaan alat kesehatan, ABC Express berpengalaman menangani pengiriman alat kesehatan sampai tujuan ke seluruh wilayah Indonesia.

Penanganan Khusus yang diberikan oleh ABC Express:

Temprature-Controlled: Memastikan produk dan suplai medis yang sensitif tetap berada pada suhu yang tepat.

Liftgate: Layanan liftgate untuk memudahkan bongkar muat barang kiriman

Expedited Service: Jasa pengiriman yang dipercepat ketika barang dibutuhkan untuk cepat sampai

Percayakan pengiriman alat kesehatan ke ahlinya, ABC Express. Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!