Perbedaan Gudang dan Pegudangan Logistik

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
perbedaan gudang dan pergudangan dalam logistik

Familiar dengan istilah gudang atau pergudangan?  Tahukah Anda, walaupun mirip, kedua istilah tersebut tak sama.

Singkatnya, gudang merupakan bangunan yang digunakan untuk menyimpan barang oleh para produsen, importir, eksportir, grosir, dan bisnis transportasi. 

Gudang digunakan untuk penyimpanan, dan penyimpanan saja.

Sedangkan pergudangan merupakan aktivitas menyimpan barang yang akan didistribusikan nanti.

Pergudangan adalah bagian penting dari retail supply chain. Pergudangan dan penyimpanan inventory mempengaruhi berbagai aspek mulai dari sumber bahan baku, mengelola inventory secara efisien, hingga mengirimkan pesanan ke pelanggan tepat waktu.

Pergudangan merupakan hal fundamental bagi keberhasilan setiap bisnis yang menjual barang fisik. Pergudangan membantu Anda untuk menyimpan inventory, re-package, dan menggunakan solusi pengiriman eCommerce dalam skala besar.

Artikel ini akan mengulas secara detil fungsi inti pergudangan, kepentingan, manfaat, dan bahkan apa itu gudang.

Gudang

Gudang adalah bangunan yang menyimpan produk untuk penyimpanan, packing, dan persiapan pengiriman. 

Gudang adalah titik pusat yang mengelola aktivitas keluar dan masuk produk. Gudang sangat krusial untuk bisnis apa pun yang menjual barang fisik atau menerima produk grosir. 

Seiring pertumbuhan penjualan bisnis, kebutuhan akan ruang fisik untuk memelihara dan mengemas barang juga meningkat.

Bergantung pada kebutuhan atau preferensi perusahaan, beberapa penyedia layanan dapat menangani tugas terkait gudang yang terpisah. Ada berbagai jenis gudang untuk bisnis yang berbeda, tetapi setiap gudang menyediakan penyimpanan yang aman untuk produk.

Pergudangan

Pergudangan adalah proses menyimpan barang fisik atau persediaan di gudang sebelum dijual atau didistribusikan. 

Gudang akan menyimpan produk secara terorganisir, sehingga memudahkan untuk melacak lokasi barang, kapan barang tiba, sudah berapa lama barang berada di tempat tersebut, dan jumlah yang dimiliki.

Gudang Vs Pergudangan

Gudang hanya digunakan untuk penyimpanan, dan penyimpanan saja. 

Gudang memiliki dok muatan untuk memuat dan menurunkan barang, tetapi itu biasanya sebatas aktivitas yang berlangsung di gudang. 

Gudang dapat dirancang untuk menerima barang langsung dari kereta api, bandara, atau pelabuhan, dan biasanya dilengkapi dengan derek dan forklift untuk memindahkan dan mengatur barang.

Beberapa gudang dikontrol suhunya, sehingga cocok untuk menyimpan bahan makanan, barang mudah rusak lainnya, dan bahan lainnya termasuk bahan mentah, mengemas makanan, suku cadang, dan banyak lagi. 

Meskipun gudang dapat bermanfaat bagi sebagian bisnis, tidak semua retailer menggunakannya karena gudang lebih cocok untuk mereka yang mencari opsi penyimpanan jangka panjang.

Pergudangan menggambarkan fasilitas yang melayani tujuan menyimpan barang. 

Dalam e-commerce, gudang terutama digunakan untuk menyimpan barang sebagai persediaan untuk memastikan waktu pengiriman singkat dapat terpenuhi. 

Jelas, ada banyak kegunaan lain untuk gudang di luar e-commerce. Bayangkan gudang produksi dengan suku cadang atau gudang untuk dijadikan sebagai buffer antara produksi dan ekspedisi. 

Apa pun penggunaan gudang, semuanya mengikuti prinsip yang sama dari proses masuk-penyimpanan-keluar: barang masuk, disimpan, dan keluar lagi.

Proses inbound adalah proses memasukan barang ke dalam gudang. Proses ini termasuk pemeriksaan barang, pemeriksaan barang retur, pembongkaran dan pelabelan (ulang). 

Proses ini sangat penting karena ketika terjadi kesalahan, akan terjadi informasi stok yang salah dan mungkin akan mengecewakan pelanggan. 

Proses outbound mencakup pekerjaan yang diperlukan untuk mengeluarkan barang dari gudang. Kegiatan ini termasuk pengambilan pesanan, tetapi dapat meluas ke order consolidation, packing, value-added-services, dan banyak lagi. 

Proses outbound sering dilakukan dengan menggunakan daftar kertas tetapi dapat dengan mudah didigitalkan menggunakan barcode scanner. Ada banyak teknologi yang tersedia untuk merampingkan proses outbound, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Mengapa Pergudangan Penting?

Pergudangan penting untuk bisnis yang melakukan export, import, mengangkut dan memproduksi barang. 

Memiliki satu lokasi utama untuk penyimpanan produk mempermudah untuk tracking produk dan membantu untuk memastikan bahwa pelanggan menerima pesanan tepat waktu. 

Ketika penyimpanan dan pengiriman tepat waktu, akan memberikan penghematan biaya dan meningkatkan produktivitas. 

Dampak pergudangan terhadap inventory process:

Memenuhi Pesanan secara Efisien

Pergudangan memudahkan untuk menyimpan, mengirim, dan mendistribusikan barang dari satu lokasi. Sehingga memudahkan juga untuk melacak dan mengelola inventaris secara efisien. 

Tidak hanya itu, pergudangan juga dapat mengurangi biaya transportasi, meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kebutuhan staf.

Value Added untuk Operations

Pergudangan membantu pengiriman dan distribusi produk tepat waktu, sehingga akan meningkatkan produktivitas pekerja dan kepuasan pelanggan. 

Pergudangan membantu mengurangi kesalahan, kerusakan pada barang hingga mencegahnya hilang atau dicuri selama proses pemenuhan pesanan.

Sehingga dengan pengiriman barang yang tepat waktu dan meningkatkan brand value pada persepsi pelanggan.

Mengurangi Risiko pada Produk 

Pergudangan adalah proses yang diasuransikan, yang berarti jika produk mengalami kerusakan atau dicuri, perusahaan akan menerima kompensasi untuk membantu mengisi kembali stok di gudang. 

Menyimpan barang di temperature-controlled warehouse akan melindungi barang dari pembusukan dan mencegah perubahan warna atau tekstur yang tidak diinginkan.

Pergudangan Logistik

Pergudangan logistik meliputi, warehouse management, warehousing services, operations, dan warehouse management systems.

1. Warehouse Management

Warehouse management adalah kegiatan sehari-hari di gudang untuk mempromosikan, meningkatkan, dan memastikan keunggulan operations. Mengelola gudang berarti mengawasi semua staf, pelatihan, inventory, peralatan, keselamatan dan keamanan, hubungan dengan operator pengiriman, dan bagian bergerak lainnya.

2. Warehousing Operations

Warehousing operations mengacu pada proses yang terjadi di gudang seputar pergerakan barang dan pelacakan inventory.

Prinsip pergudangan mencakup penerimaan inventory, kemudian menempatkan setiap SKU ke lokasi penyimpanan khusus yang terpisah (misalnya, di rak, tempat sampah, atau di palet), dan mengirim produk ke tujuan berikutnya.

3. Warehouse Management Systems

Warehouse management system (WMS) adalah jenis software yang menyediakan alat yang diperlukan untuk mengelola warehouse operations dan pergerakan inventaris untuk menghemat waktu dan menghilangkan proses manual. 

Warehouse management systems mengoptimalkan inventaris dan pelacakan, warehouse operations, distribusi beban kerja, dan pengiriman.

Pergudangan dan Supply Chain

Supply chain dirancang untuk memenuhi pesanan lebih cepat dari sebelumnya, dan logistik pergudangan berperan langsung dalam merealisasikannya. 

Untuk memindahkan barang jadi melalui supply chain, sebagian besar persediaan dikirim dari produsen ke gudang.

Beberapa gudang digunakan untuk penyimpanan jangka panjang dan beberapa yang lain melakukan seluruh proses pemenuhan pesanan, menghabiskan persediaan dengan sangat cepat. 

Tidak seperti gudang sebagai fasilitas penyimpanan, pergudangan proses mengambil, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan.

Aktivitas dapat dikelola sepenuhnya sendiri oleh pengecer individu atau di outsource ke perusahaan cargo logistik pihak ketiga yang mengelola pemenuhan dalam skala besar.

Dukungan Penuh untuk Bisnis

Lebih mudah untuk mengambil langkah berikutnya dalam bisnis eCommerce Anda sekarang karena Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang pergudangan. Mampu mengidentifikasi kecocokan gudang yang tepat dan kemitraan yang relevan dapat memakan waktu; jangan terburu-buru. Ingatlah bahwa tidak ada dua bisnis yang persis sama, jadi buatlah keputusan gudang Anda berdasarkan kebutuhan pribadi Anda.

Apa pun kebutuhan pengiriman Anda, ABC Express dapat membantu Anda mengirimkan kargo dengan lancar hingga ke tujuan akhir.

ABC Express adalah perusahaan pengiriman kargo domestik dan internasional yang mengoperasikan layanan reguler tanpa gangguan sepanjang Ramadhan, di seluruh dunia.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!