Kenali Jenis Layanan Hingga Metode Pengiriman Kargo Ini

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo merupakan proses penting untuk bisnis dengan rantai pasok seluruh Indonesia atau bahkan global, di mana supplier dan pelanggan berasal dari berbagai daerah. 

Baik pelanggan dengan jarak 100 atau 1.000 KM jauhnya, kondisi produk yang diterima dapat menentukan apakah pelanggan akan membeli dari Anda lagi atau tidak.

Ini lah pentingnya memperhatikan proses pengiriman kargo yang aman dengan biaya yang wajar. Karena pada akhirnya, kepuasan pelanggan yang mempengaruhi perkembangan bisnis.

Para procurement manager, VP operations, dan tim yang terlibat dalam proses rantai pasok tahu betul krusialnya memilih vendor logistik kargo yang kredibel untuk minimasi risiko pengiriman hingga ekspansi bisnis.

Sebelum membahas seputar vendor logistik kargo, apa sebenarnya yang dimaksud pengiriman kargo? Akan dibahas tuntas pada artikel dibawah!


Apa itu Pengiriman Kargo?

Pengiriman kargo adalah proses pengangkutan komoditas dan barang melalui darat, laut, atau udara di mana barang tersebut dimuat ke truk, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. 

Setiap pengiriman dengan berat lebih dari 114 kg dianggap sebagai kargo. Namun dalam beberapa kasus, barang dengan dimensi besar dengan berat kurang dari 114 kg juga dikirimkan sebagai kargo.

Misalnya, jika Anda ingin mengirimkan lemari dengan dimensi 60x30x150 (panjang, lebar, tinggi), kiriman tersebut tidak diklasifikasikan sebagai paket biasa, berapapun beratnya. Barang dengan dimensi lebih besar dari 75x 75x 75 cm juga dianggap sebagai pengiriman kargo.

Pengiriman laptop? ini termasuk kiriman parsel. Mengirimkan puluhan atau ratusan laptop? Mengirimnya sebagai kargo akan menjadi pilihan yang lebih murah dan simple.

Karena mengangkut barang dalam jumlah besar, kargo digunakan oleh bisnis untuk memasok persediaan ke distributor mereka dan perusahaan lain yang bekerja sama dengan mereka.


Jenis Layanan Kargo

Perusahaan jasa pengiriman kargo bisa menggunakan satu atau beberapa moda transportasi untuk mengirimkan barang dan setiap jenis layanan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Jenis layanan apa yang paling tepat? Jawabannya bergantung pada budget, ukuran dan berat barang, urgensinya, dan banyak variabel lainnya.


Pengiriman darat

Kargo dikirim melalui jalan raya dan kereta api, di mana kargo dikelompokkan bersama atau dimasukkan ke wadah khusus berdasarkan ukuran, berat, dan urgensinya. Sehingga pengiriman ini dapat membawa berbagai jenis produk jika rute ke tujuan hanya di darat.

Beberapa keuntungan dari pengiriman darat:

  • Biaya rendah. Pilihan yang paling hemat biaya untuk memindahkan paket besar (misalnya furnitur besar, peralatan industri, suku cadang pesawat) dalam jarak pendek dibandingkan dengan layanan angkutan udara dan laut.
  • Ramah lingkungan. Truk dan kereta api memiliki jejak karbon yang lebih kecil daripada kapal dan pesawat terbang.
  • Di sisi lain, truk memiliki batas berat dan volume dan bergantung pada kondisi lalu lintas, jalan, dan cuaca. Dan jika ingin mengirimkan produk ke lintas negara, layanan ini mungkin harus digabungkan dengan layanan lain untuk mencapai keseimbangan antara kecepatan dan biaya pengiriman.


Pengiriman laut

Jenis layanan ini memuat barang di kapal kontainer dan merupakan salah satu dari dua cara untuk mengangkut barang ke luar negeri. 

Pengiriman laut juga dapat membawa berbagai jenis komoditas seperti biji-bijian, mineral, logam, dan minyak bumi, serta produk besar berbentuk unik seperti peralatan industri.

Dalam hal pelayaran internasional, layanan via laut sulit dikalahkan karena dapat mengangkut lebih banyak barang dengan biaya yang jauh lebih hemat. Ada juga manfaat lain dalam menggunakan jenis layanan ini, yang meliputi:

  • Tidak dibatasi oleh berat. Kapal tidak mengalami kemunduran dengan bobot yang lebih berat seperti yang dialami pesawat terbang.
  • Jangkauan luas. Kapal dapat melakukan perjalanan ke banyak negara di seluruh dunia dan dapat mengangkut berbagai jenis barang.
  • Ramah lingkungan. Kapal mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar daripada pesawat terbang sementara mampu mengangkut lebih banyak barang.
  • Meskipun angkutan laut sangat hemat biaya, kapal membutuhkan waktu lebih lama untuk mengangkut produk ke luar negeri dibandingkan dengan pesawat terbang. Jika pengiriman melalui udara membutuhkan beberapa hari, pengiriman melalui laut bisa mencapai berminggu-minggu.

Jadi, jika Anda memiliki supplier di belahan dunia lainnya dan Anda memiliki jadwal yang ketat, penting untuk merencanakan plan yang ketat untuk memaksimalkan manfaat pengiriman laut.


Pengiriman udara

Jenis layanan ini mengirimkan barang dengan pesawat penumpang atau pesawat kargo. Pengiriman jenis ini memakan biaya lebih mahal dibanding pengiriman laut untuk mengangkut barang ke luar negeri. 

Keunggulan terbesar layanan ini adalah kecepatan pengiriman, di mana pesawat terbang langsung ke negara tujuan dengan sedikit atau tanpa transit. 

Jenis layanan ini sangat ideal untuk barang-barang yang mudah rusak seperti bunga, makanan, dan obat-obatan.

Keunggulan pengiriman udara:

  • Perlindungan pengiriman yang lebih baik. Peraturan keselamatan bandara sangat ketat dan pesawat kargo tidak luput dari peraturan tersebut. Kargo juga kecil kemungkinannya untuk rusak atau hilang karena ditangani oleh lebih sedikit orang.
  • Dapat dilacak. Pesawat dapat dilacak secara real time karena periode keberangkatan dan kedatangannya yang pasti.
  • Kemasan yang dibutuhkan lebih sedikit. Pengiriman udara membutuhkan lebih sedikit pengemasan daripada layanan angkutan darat dan laut, sehingga dapat menghemat biaya dari bahan packaging.
  • Premi asuransi yang lebih rendah. Karena waktu transit untuk kargo udara secara signifikan lebih pendek dibandingkan dengan angkutan laut, pengiriman memiliki risiko yang lebih kecil.
  • Jangkauan lebih luas dari angkutan laut. Pesawat dapat mencapai tujuan yang terkurung daratan lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan layanan angkutan laut dan darat.
  • Mengisi kembali supply lebih cepat. Hal ini memudahkan bisnis dengan skema 'just-in-time' (JIT) untuk re-stock persediaan, sehingga bisnis bisa memenuhi permintaan pelanggan sesegera mungkin.

Mengingat kemampuan dan keunggulannya, tidak heran jika angkutan udara menjadi pilihan pengiriman barang yang paling mahal. Namun, pesawat memiliki batasan berat, volume dan produk yang besar serta berbentuk unik cenderung lebih mahal.


Metode Pengiriman Kargo

Ada banyak cara untuk mengirimkan kargo dari titik A ke titik B. Metode pengiriman barang yang tepat akan bergantung pada ukuran, berat, nilai, urgensi kiriman, dll. 

Dan penting untuk memilih metode pengiriman yang tepat untuk menghindari delay dan masalah lain dalam rantai pasokan.


Metode pengiriman kargo darat

Barang yang dibawa oleh truk umumnya diukur dengan seberapa banyak ruang yang dibutuhkan di dalam trailer. Dan ada berbagai jenis trailer (misalnya berpendingin, suspensi udara) yang dapat mengangkut barang yang memiliki persyaratan khusus untuk pengiriman.

Setiap metode juga dapat disesuaikan dengan layanan tambahan yang membantu membuat bongkar muat barang lebih mudah.


Less-than-truckload (LTL) 

Biasanya digunakan jika berat kiriman antara 70kg - 4500 kg dan menggunakan satu hingga lima palet, yang tidak sepenuhnya menempati trailer. Barang diangkut dengan berbagai truk hingga ke tujuan karena melewati terminal yang berbeda. 

Pilihan LTL lebih hemat biaya karena pengiriman dari berbagai shipper dikumpulkan bersama dan Anda hanya membayar untuk ruang dan berat yang digunakan di trailer.

Variasi pengiriman LTL adalah Volume LTL, yang berlaku untuk pengiriman yang menggunakan setidaknya enam palet dan beratnya lebih dari 2.200 kg, atau membutuhkan ruang antara 3,5 m dan 10 m.

Full truckload (FTL)

Digunakan untuk pengiriman yang mengisi full satu trailer. Pengiriman juga biasanya berkisar antara 4.500 hingga 22.000 kg dan akan diangkut langsung ke tujuan dengan sedikit atau tanpa transit.

Partial truckload (PTL)

PTL berada di antara LTL dan FTL dimana pengiriman menggunakan minimal 6 palet atau lebih berat dari 2.200 kg. 

PTL mirip dengan LTL di mana shipper hanya membayar untuk ruang yang digunakan oleh barang karena tidak sepenuhnya menempati trailer. Mirip juga dengan FTL karena pengiriman PTL dalam perjalanan ke tujuan jarang dipindahkan ke truk lain dan lebih sedikit orang yang menanganinya.

Pengiriman flatbed

Metode yang digunakan untuk mengangkut produk yang tidak dapat dipindahkan ke dan dari dermaga atau tidak sesuai dengan dimensi trailer.

Contoh produk ini termasuk mesin dan peralatan industri, balok beton, rebar, ban bal, dll. Trailer flatbed biasanya memiliki panjang 15 m dan lebar 2,5 m, dengan panjang dek yang berbeda untuk dek anak tangga, tetes ganda, dan leher angsa yang dapat dilepas. Kargo dapat dimuat dari semua sudut dengan derek atau forklift dan diamankan dengan rantai, tali pengikat, pelindung sudut, atau terpal.


Metode pengiriman kargo laut

Barang yang dikirim melalui laut disimpan di dalam kontainer ISO. Kontainer ini juga tersedia dalam berbagai jenis (misalnya terisolasi, didinginkan, pengiriman kering) untuk menampung berbagai jenis produk.

Dan shipper memiliki dua pilihan cara menggunakan container, yaitu:

Full container (FCL). Hal ini memungkinkan shipper untuk menggunakan seluruh kontainer, baik itu penuh atau tidak. Kargo shipper terlindungi dari pengiriman lain dan tidak perlu menunggu untuk mengisi kontainer.

Less-than-container (LCL). Pengiriman yang tidak memakan seluruh kontainer. Juga dikenal sebagai share-a-container, sehingga shipper hanya membayar ruang yang digunakan dalam container.


Intermodal

Kombinasi truk, kereta api, dan kapal kargo untuk memindahkan barang dan pengiriman ditandatangani di bawah satu tagihan. Pengiriman disimpan dalam wadah intermodal/ISO dan tidak memerlukan penanganan khusus. Tergantung pada pilihan yang tersedia untuk pengiriman barang, metode ini bisa lebih murah dan lebih ramah lingkungan karena mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar.


Multimodal

Ini sama dengan metode intermodal yang juga menggunakan beberapa moda transportasi untuk mengangkut barang. Namun, letak perbedaannya adalah shipper harus koordinasi dengan masing-masing operator secara individual alih-alih mengkonsolidasikan proses melalui broker.


Expedited

Cara ini untuk pengiriman yang sensitif terhadap waktu atau sangat dibutuhkan, dengan biaya yang paling mahal. Metode ini menggunakan truk khusus dengan ukuran yang sesuai untuk pengiriman dan membuat sedikit atau tidak ada transit sehingga barang dikirim lebih cepat. Untuk pengiriman ke luar negeri, angkutan udara dipilih untuk kargo yang dipercepat karena kecepatan dan keamanannya.


Kesimpulan

Setelah memeriksa apakah kiriman paling tepat menggunakan kiriman paket, LTL, atau FTL, coba tentukan layanan spesifik yang mungkin dibutuhkan kiriman Anda.

Tidak perlu menjadi ahli pengiriman kargo, Anda hanya perlu mendapatkan trusted advisor. ABC telah menjadi trusted advisor untuk ratusan perusahaan seperti ASBA, Street Boba, dan AirNav Indonesia. Cara kami melakukannya adalah dengan memformulasi & merekomendasikan beberapa pilihan rute serta moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan & tujuan acara Anda.

Anda tidak perlu kebingungan mengambil keputusan sendiri. 

Konsultasikan pengiriman terbaik Anda dengan ABC Express atau Dapatkan penawaran harga pengiriman khusus hari ini!