Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Kargo

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Kargo

Bukankah pengiriman ekspedisi dan kargo sama saja? Atau terdapat perbedaan dari dua pengiriman tersebut?

Ketika akan memilih metode pengiriman, perusahaan dihadapi pada tiga pilihan:

  1. Untung
  2. Impas
  3. Rugi
#Funfact: 45% perusahaan benar-benar menghasilkan keuntungan dari biaya pengiriman.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode pengiriman adalah jenis barang.

Memahami jenis barang yang akan dikirimkan dapat mempersempit pilihan metode pengiriman. Jika akan mengirimkan barang satu per satu ke pelanggan, pilihan terbaik adalah menggunakan ekspedisi.

Tapi bagaimana dengan pengiriman inventory, apakah menggunakan ekspedisi pengiriman? Atau bagaimana jika produk terlalu besar atau berat untuk pengiriman biasa?

Walaupun tidak ada perbedaan baku pada jenis pengiriman, secara umum terdapat dua tipe pengiriman, yaitu pengiriman ekspedisi dan jasa pengiriman cargo. 

Apa perbedaan keduanya untuk pengiriman? Berikut ini penjelasannya.


Apa itu Ekspedisi Pengiriman?

Ekspedisi adalah pengiriman paket standar, seperti yang sering Anda terima saat berbelanja di e-commerce. 

Metode ini cocok untuk pengiriman partai kecil dengan berat 5 kg atau kurang. Ukuran paket juga harus lebih kecil dari 2 meter.

Pengiriman ekspedisi menyediakan layanan door-to-door, dimana paket akan dijemput di tempat pengirim dan diantar sampai depan pintu penerima.

Pengiriman melalui kurir umumnya akan dilakukan dengan truk melalui jalur darat, tetapi jika membutuhkan pengiriman yang dipercepat, opsi pengiriman jalur udara dengan pesawat juga tersedia. Tentunya opsi kedua memiliki harga yang lebih tinggi.


Apa itu Pengiriman Kargo?

Jika paket kiriman lebih dari 10 kg, pengirim harus menggunakan jasa pengiriman kargo. Waktu pengiriman akan lebih lama dengan metode ini.

Pengiriman barang bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi yang berbeda, truk, kereta api, pesawat, dan kapal. Metode yang paling umum digunakan adalah truk.

Pengirim yang memilih mengirimkan barangnya dengan truk, akan memiliki dua opsi, FL dan LTL. FTL atau Full Truckload bisa dilakukan dengan menyewa penuh seluruh bagian truk untuk satu pengiriman,

LTL atau Less-Than-Truckload adalah metode pengiriman dengan menyewa sebagian ruang truk untuk pengiriman. Dalam satu pengiriman LTL akan mengangkut barang dari berbagai pengirim berbeda.

Pengiriman LTL biasanya kurang dari 10 palet dan di bawah 10kg. Jika berat paket lebih dari 10 kg, akan lebih hemat jika memilih metode FTL.


Perbedaan Ekspedisi dan Kargo

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo berdasarkan volume muatan, berat,  lama pengiriman dan harga pengiriman:


1. Berat, Jumlah, dan Jenis Barang

Hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih metode pengiriman adalah jenis, berat, dan jumlah barang yang ingin dikirim. 

Pengiriman ekspedisi cocok untuk mengirim barang satuan, berat yang relatif ringan, dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

Pengiriman ekspedisi sering digunakan seller online shop untuk mengirimkan barang ke pembeli. 

Berbeda dengan ekspedisi, pengiriman kargo lebih cocok untuk barang berat dan partai besar dengan minimum berat yang sudah ditentukan pihak cargo. 

Kargo sering digunakan untuk pengiriman barang berat dan besar seperti mobil, alat berat, hingga satelit. 

Opsi pengiriman kargo biasanya digunakan bisnis untuk mengirimkan inventory. Pada pengiriman kargo juga mengenal beberapa istilah seperti FTL (Full Than Truck Load) dan LTL (Less Than Truck Load).


2. Lama Pengiriman (Urgensi)

Barang-barang yang membutuhkan pengiriman cepat cocok untuk menggunakan opsi ekspedisi. Pengiriman ekspedisi umumnya memiliki berbagai opsi layanan, seperti reguler, kilat/ekspres, atau same-day-service. 

Untuk pengiriman yang butuh cepat sampai, ekspedisi akan memproses kiriman melalui jalur udara dengan pesawat sehingga lebih cepat di alamat tujuan. 

Berbeda dengan pengiriman kargo. mayoritas kargo menggunakan transportasi darat berupa truk (untuk dalam pulau) dan kapal (untuk luar pulau), maka waktu pengiriman akan lebih lama dibandingkan dengan pengiriman ekspedisi reguler. 

Layanan kargo membutuhkan waktu pengiriman antara 3 sampai 15 hari. Beberapa kargo menyediakan pengiriman jalur udara, namun biaya yang dikenakan juga akan lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman kargo biasa. 


3. Harga

Ekspedisi pengiriman menghitung tarif per kilo (minimum 1kg). Semakin berat, semakin mahal biayanya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah dimensi atau volume barang. Barang ringan dengan volume besar akan dikenakan tarif yang lebih mahal.

Kargo menghitung tarif pengiriman berdasarkan berat minimum yang ditentukan. 


Kelebihan Ekspedisi Pengiriman

Ekspedisi memiliki keunggulan pada waktu pengiriman yang cepat dan reliable.

Paket akan berpindah dari satu pintu pengirim ke pintu penerima hanya dalam beberapa hari. 


Kelebihan Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo seringkali memberi diskon yang signifikan ketika barang kiriman besar dan/atau berat. Sehingga, pengirim  dapat mengirim lebih banyak barang sekaligus dibanding memecah kiriman menjadi banyak paket berbeda.


Kekurangan Ekspedisi Pengiriman

Setelah paket terlalu besar atau berat, pengirim akan dikenakan biaya yang sangat tinggi. Bahkan pada ukuran berat dan volume tertentu, pihak ekspedisi dapat menolak untuk mengirimkan barang.


Kekurangan Pengiriman Kargo

Kargo tidak dikenal sebagai bentuk pengiriman yang reliable. Estimasi barang diterima hanya akan menjadi perkiraan. Meskipun pengirim dapat membayar ekstra untuk pengiriman yang dipercepat.

Dengan pengiriman LTL, ada beberapa barang dari beberapa pengirim berbeda dalam satu truk.

Truk tersebut akan banyak berhenti untuk setiap pengiriman. Ini berarti kiriman Anda bisa masuk dan keluar truk berkali-kali sebelum sampai di tujuan akhir.

Menyewa Pengiriman Kargo

Jika Anda sedang mempertimbangkan metode pengiriman antara ekspedisi dan kargo, silahkan pertimbangkan jarak dan ukuran kiriman. Kiriman dengan besar dan berat biasan akan lebih murah dengan opsi kargo.

Memang, ekspedisi pengiriman melayani door-to-door dan lebih cepat. Tapi itu belum tentu pilihan cerdas untuk barang-barang besar atau berat.

Kargo adalah pilihan yang lebih cerdas meskipun bisa memakan waktu lebih lama. Kargo capable mengirimkan barang dengan berat lebih dari 10kg atau pengiriman yang membutuhkan pallet.

ABC Express adalah pilihan cerdas dalam partner pengiriman barang berat dan besar. ABC telah menjadi trusted advisor untuk ratusan perusahaan seperti ASBA, Street Boba, dan AirNav Indonesia.

Cara kami melakukannya adalah dengan memformulasi & merekomendasikan beberapa pilihan rute serta moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan & tujuan acara Anda.

Anda tidak perlu kebingungan mengambil keputusan sendiri.

Konsultasikan pengiriman terbaik Anda dengan ABC Express atau Dapatkan penawaran harga pengiriman khusus hari ini!