Panduan, Syarat, dan Tips Kirim Mobil Antar Pulau

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Panduan, Syarat, dan Tips Kirim Mobil Antar Pulau

Kirim mobil antar pulau kini bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan jasa pengiriman

Jika memilih untuk melakukan pengiriman mobil sendiri, Anda perlu menyiapkan mobil dan memuatnya ke kontainer. 

Jika tidak mengikuti aturan tertentu dapat mengakibatkan biaya tambahan pada pengiriman mobil, dan bahkan dapat menghentikan pengiriman mobil. 

Di Artikel ini, ABC Express akan mengupas cara memuat mobil ke dalam kontainer, syarat pengiriman serta tips kirim mobil antar pulau.


Kirim Mobil Antar Pulau dengan Kontainer

Pastikan mobil bersih

Bersihkan mobil luar dalam. Mobil dalam keadaan bersih akan memudahkan kita melihat kondisi mobil yang sebenarnya. Apakah ada baret atau penyok pada mobil sebelum dimuat pada kontainer dan dikirimkan.


Foto Eksterior Mobil

Setelah mobil berada dalam keadaan bersih, foto keadaan eksterior mobil dalam. Pastikan semua bagian terfoto dan tidak ada bagian eksterior yang terlewatkan.

Dokumentasi ini bertujuan untuk memastikan keadaan mobil setelah dikirim sama dengan keadaan saat mobil belum dikirim, alias tak ada kerusakan lain yang diakibatkan perjalanan.

Amankan Barang Sebelum Kirim Mobil

Buat daftar barang apa saja yang berada di dalam mobil saat pengiriman, seperti pendingin, speedometer, jok mobil, setir, pedal dan juga alat lainnya.

Pastikan untuk mengeluarkan barang-barang pribadi (yaitu pakaian, kertas, dan sampah), barang elektronik non-pabrik seperti sistem GPS dan barang apa pun yang disimpan di bagasi.

 Lepas Komponen Eksterior

Jika pengiriman dilakukan oleh ekspedisi pengiriman mobil, sebaiknya lepas komponen yang bisa dilepas seperti spion, antena, dan lainnya. Sekali lagi, Anda pasti tidak ingin terjadi kelecetan saat proses pengiriman.

Periksa Cairan Sebelum Kirim Mobil

Periksa kondisi penampung bahan bakar seperti aki dan juga bensin, pastikan penampung bahan bakar tersebut tidak goyang dan juga tidak bocor.


Hal-hal yang perlu diingat saat memuat mobil ke dalam kontainer

  • Cabut, atau lepaskan antena radio untuk menghindari kerusakan
  • Lipat kaca spion di bagian luar mobil.
  • Kontainer yang camper shells dapat menambahkan extra charge. Apalagi mobil melakukan modifikasi yang membuat mobil lebih berat.
  • Selalu pasang top up pada mobil konvertibel.
  • Isi bahan bakar mobil secukupnya. Lepaskan baterai dan sistem alarm.
  • Jangan tinggalkan dokumen kendaraan di dalam mobil. Anda mungkin membutuhkannya sebagai bukti kepemilikan.
  • Kunci roda dari depan, belakang dan samping dengan balok kayu atau wheel chock. Pastikan untuk memasang roda dengan aman ke wadah.


Menyewa flatbed tow truck  dapat menghemat banyak waktu dan tenaga saat memuat mobil ke dalam kontainer. 

Walaupun jadi biaya tambahan bagi pengirim, risiko tidak masuknya mobil ke kontainer lebih rendah. 


Dokumen dan Syarat Kirim Mobil Antar Pulau


Fotokopi KTP


Fotokopi KTP digunakan sebagai identitas diri. Dokumen ini bersifat wajib dalam berbagai kebutuhan kirim mobil.

Terlebih barang yang dikirimkan memiliki nilai tinggi, maka perlu diperhatikan kehati-hatian dalam proses pengiriman dan dokumentasinya. 


Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Selain KTP, fotokopi Kartu Keluarga juga dibutuhkan sebagai kartu identitas pendukung dalam proses kirim mobil antar pulau.


Fotokopi BPKB Mobil  

Siapkan fotokopi BPKB mobil asli. Data pada fotokopi BPKB harus sinkron atau sama dengan identitas pemilik. 


Memiliki STNK Asli

STNK adalah dokumen yang pasti dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. STNK diwajibkan sebagai syarat untuk membuktikan bahwa kendaraan yang dikirim adalah milik pribadi dan bukan hasil curian.


Alamat Penjemputan dan Tujuan

Data-data persyaratan yang diajukan saat pengiriman akan kembali dicek. Jika persyaratan cocok dengan identitas kepemilikan serta alamat penjemputan sesuai dengan tujuan, maka proses pengiriman akan terlaksana dengan lancar.


Kesimpulan

Ada banyak metode konvensional untuk kirim mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. Karena mengangkut kendaraan adalah kasus yang rumit, memindahkan mobil dalam kontainer adalah pilihan paling ideal untuk mengantarkan mobil Anda dengan aman.

Urusan kirim mobil antar pulai kini jadi lebih mudah karena Anda bisa memesan truk via internet. Cukup hubungi asisten ABC Express, Anda bisa langsung pesan jenis truk yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan mengirimkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!