Strategi Kirim Kargo Jelang Lebaran 2022 [Free E-Book]

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
panduan kirim kargo saat masa liburan

Liburan adalah waktu yang paling sibuk bagi semua orang, tidak terkecuali industri pengiriman dan logistik. 

Ramadhan merupakan salah satu periode tersibuk Anda tahun ini, ditambah jika melakukan bisnis lintas negara dengan mayoritas penduduk Muslim, karena meskipun aktivitas bisnis cenderung menurun selama puasa, selera belanja konsumen tidak menurun.

Namun, sebelum memanfaatkan periode puncak ini, Anda memerlukan banyak persediaan untuk dibeli konsumen.

Untungnya, dengan pendekatan dan strategi yang tepat, kekacauan pengiriman bisa dicegah.

Kunci untuk keberhasilan dalam industri pengiriman selama musim liburan adalah komunikasi yang tepat, antisipasi peningkatan tarif kirim, dan memperhitungkan kemungkinan keterlambatan. 

Tiga hal tersebut akan membantu Anda bersiap menghadapi musim pengiriman yang sibuk.

Kirim Lebih Awal selama Ramadhan

Meski lonjakan penjualan terjadi sekitar akhir Ramadhan, namun akan fatal dampaknya jika tidak dilakukan sesegera mungkin, terutama jika Anda mengandalkan layanan angkutan laut FCL atau LCL.

Memang dengan angkutan udara pengiriman akan lebih cepat. Meskipun begitu, disarankan untuk mengirimkan kargo barang lebih awal untuk memastikan barang tersebut tersedia untuk dijual di awal Ramadhan.

Kenapa harus lebih awal?

Ada dua alasan. 

Pertama, penjualan di sektor ritel biasanya sangat kencang sepanjang bulan Ramadhan, jadi sangat disayangkan jika kehabisan stock selama bulan tersebut. 

Kedua, dan mungkin yang lebih penting, membiarkan pengiriman terlambat bisa berarti kehilangan kesempatan selama Idul Fitri.

Dampak Ramadhan pada Pengiriman Internasional

Jika Anda tidak ingin ketinggalan ketika terjadi lonjakan besar-besaran pada Idul Fitri, barang kiriman harus melalui bea cukai dan di melewati perbatasan negara tujuan dari jauh-jauh hari.

Selama Ramadhan cenderung terjadi penumpukan load di pelabuhan. Jadi, tentu sudah jelas bahwa Anda harus memastikan kiriman Anda tiba di pelabuhan masuk setidaknya dua minggu sebelum dimulainya lonjakan.

Pengurangan Jam Kerja Selama Ramadhan

Begitu puasa dimulai, sebagian besar atau hampir semua bisnis, termasuk industri pengiriman mengurangi jam operasional mereka.

Pada saat yang sama, otoritas bea cukai di beberapa negara mengoperasikan layanan setengah hari hanya selama bulan Ramadhan, yang dapat sangat memperlambat pemrosesan kargo. 

Selama tiga hari Idul Fitri, kantor bea cukai tetap tutup di banyak negara.

Di Indonesia, angkutan laut dapat melambat bahkan lebih karena beberapa jalur pelayaran berhenti menelepon di pelabuhan Indonesia selama hari-hari terakhir menjelang Idul Fitri. 

Pemerintah juga memberlakukan pembatasan pergerakan kendaraan barang di masa sibuk seperti ini.

Risiko Pengiriman Internasional Selama Ramadhan

Sebaiknya bisnis menghindari pengiriman sebelum, selama, dan segera setelah periode Ramadhan, jika memungkinkan. 

Pasalnya, Ramadhan bukanlah waktu yang ideal untuk aktivitas business-to-business, termasuk bisnis pengiriman dan transportasi barang komersial.

Risiko Penundaan Pelabuhan dan Demurrage

Jika kiriman Anda tiba di pelabuhan masuk atau keluar selama bulan Ramadhan, ada risiko bahwa kiriman Anda akan delay lebih lama dari biasanya untuk menunggu izin bea cukai di pelabuhan. 

Jika barang harus tertunda, Anda berisiko mulai menumpuk biaya demurrage, yang dapat meningkat secara mengkhawatirkan, mungkin menimbulkan biaya tambahan pada pengiriman Anda.

Lebih Sedikit Resource Berakibat Biaya Melonjak

Untuk impor ke negara-negara Muslim selama bulan Ramadhan, Anda juga harus mempertimbangkan risiko bahwa kapasitas layanan transportasi berkurang, karena jam kerja yang lebih pendek, sehingga mungkin tidak semudah seperti biasanya untuk mengirimkan barang ke tujuan akhir.

Tarif angkutan mungkin juga lebih tinggi untuk pelayaran internasional selama bulan suci Ramadhan, karena meningkatnya permintaan dan kelangkaan sumber daya, dengan beberapa jalur pelayaran menerapkan biaya tambahan kemacetan dan biaya tambahan lainnya.

Strategi Kirim Kargo Barang Selama Ramadhan dan Lebaran

Seluruh bisnis perlu memastikan kesiapan menghadapi untuk salah satu waktu tersibuk tahun ini — musim pengiriman liburan! 

Untungnya, dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat menekan tarif pengiriman (dan tingkat stres Anda) selama liburan.

Pastikan musim liburan Anda stress-free dengan download E-Book Panduan ABC Express untuk Pengiriman Barang saat Liburan. 

Pada panduan E-Book Anda akan menemukan semua yang perlu diketahui untuk menyiapkan rencana permainan pengiriman liburan yang sukses, termasuk:

  • Mempersiapkan palet kiriman dengan benar. 
  • Antisipasi perubahan biaya dan jaminan. 
  • Memilih asuransi pengiriman. 
  • Meninjau vendor yang tutup saat liburan. 
  • Antisipasi kemungkinan penundaan.
  • Memiliki response plan

Ini adalah musim untuk menghindari yang tak terhindarkan

Jangan biarkan masalah pengiriman barang yang tidak terduga menggagalkan musim liburan Anda! Bisnis Anda layak mendapatkan strategi pengiriman liburan yang terjangkau dan efektif — dan kami siap membantu. Download E-Book ABC Express dan pelajari cara menjadikan waktu tersibuk tahun ini sebagai waktu terbaik Anda.

Kesimpulan

Jika Anda mengirimkan barang konsumsi, bawalah ke tempat tujuan setidaknya dua minggu sebelum bulan suci dimulai. 

Jika Anda perlu melakukan pengiriman selama bulan Ramadhan, pertimbangkan untuk memesan angkutan udara atau laut dengan ABC Express. 

ABC Express adalah perusahaan pengiriman kargo domestik dan internasional yang mengoperasikan layanan reguler tanpa gangguan sepanjang Ramadhan, di seluruh dunia. 

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!