Langkah-Langkah Mengirimkan Sparepart Kendaraan

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
langkah dan cara kirim sparepart kendaraan

Faktanya, sparepart kendaraan sering memiliki bentuk yang unik dan berat. Fakta tersebut juga yang membuat banyak orang bingung dan ragu untuk mengirimkannya.

Belum lagi risiko kerusakan sparepart selama pengiriman yang hampir tidak bisa diperbaiki.

Tetapi karena sebagian besar komponen mobil dijual secara online, pengiriman sparepart ke tempat yang jauh tidak terhindari.

Pengemasan yang aman dapat menghindari Anda dari kerugian serta meningkatkan keamanan dan penanganan pengiriman Anda. Ikuti tip dan rekomendasi pengemasan berikut ini:

Layanan transportasi suku cadang mobil

Moda transportasi yang dapat digunakan untuk pengiriman sparepart bergantung pada ukuran dan batasan waktu pengiriman. 

Berdasarkan kriteria diatas, dua metode yang paling umum untuk pengiriman sparepart mobil adalah:

  • Full truckload (FTL) menggunakan seluruh truk hanya untuk mengirimkan sparepart Anda. Pengiriman jenis ini tidak memiliki transit, sehingga kargo akan langsung dikirimkan ke titik tujuan.
  • Less than truckload (LTL) sharing ruang truk dengan pengirim lain dengan biaya yang lebih rendah. Pengiriman LTL membutuhkan lebih banyak waktu karena banyak pemberhentian untuk pengiriman barang pengirim lain.

Memilih Container yang Tepat

Memilih container yang tepat sangat penting untuk memastikan pengiriman sparepart dengan aman. 

Hal utama yang perlu diingat adalah Anda harus memilih container dengan ukuran yang tepat, karena tidak ada gunanya memilih container besar namun part-part kecil bisa bergeser dan berpotensi pecah.

Selain itu, tiap sparepart perlu dikemas dengan aman. Setiap sparepart akan memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung pada ukuran, berat, dan kekhasan teknisnya.

Untuk sparepart dengan ukuran yang lebih kecil, packing akan lebih mudah karena barang cenderung ringan dan mudah dibawa. 

Volume barang yang dikirim juga mempengaruhi pemilihan kemasan. Jika berencana untuk mengirim dalam jumlah besar dalam container yang sama, sebaiknya mengemas sparepart secara terpisah daripada menempatkan semuanya dalam satu crate

Read: Tips Aman Kirim Spare Part Mobil ke Seluruh Indonesia

Mengemas Sparepart dengan Aman

Beberapa opsi pengemasan sparepart kendaraan yang paling populer:

  • VCI (Volatile Corrosion Inhibitors): kemasan khusus yang diproduksi untuk mencegah detail kendaraan dari proses korosi dan karat.
  • Foam: zat yang mengembang di dalam kemasan dan menyesuaikan dengan bentuk produk Anda untuk menghindari kerusakan dalam perjalanan dan menjaga penampilan aslinya tetap utuh.
  • Anti-static packaging: digunakan untuk mengangkut elemen elektronik dan memblokir kemungkinan muatan statis selama transit.

Untuk mengurangi kemungkinan sparepart hancur, pengirim juga harus memperhatikan perlindungan eksternal yang kuat. 

Setelah barang-barang ditempatkan dengan kuat di dalam truk, barang-barang tersebut tidak akan terlalu rentan terhadap faktor eksternal, tetapi sangat disarankan untuk membuat palet box jika memungkinkan.

Penumpukan barang di atas palet akan mengurangi risiko pergerakannya di dalam truk. 

Langkah-Langkah Pengiriman Sparepart Kendaraan

Saat mengemas komponen, gunakan kemasan yang memadai seperti padding untuk mengisi ruang kosong dan mencegah pergerakan di dalam kotak. 

Saat menyiapkan komponen dengan bentuk tidak beraturan untuk pengiriman, rekatkan bantalan dengan aman untuk membantu mencegah lepas selama proses penanganan.

1. Pad dan Amankan dalam Corrugated Box

Roda

Berikan bantalan ke seluruh permukaan, dan masukan dalam box chrome, untuk menghindari risiko kerusakan akibat goresan atau lecet. Untuk roda non-dekoratif, bungkus dengan lapisan plastik bening yang direkatkan secukupnya.

Flexplates, Flywheels

Kemas flexplates and flywheels dengan bahan kemasan yang memadai seperti loose fill peanuts untuk mengisi ruang kosong dalam corrugated boxes.

Pintu Mobil, Hoods, Panels

Berikan bantal dan masukan dalam box semua permukaan logam terbuka yang rentan terhadap kerusakan akibat goresan atau penyok.

Flexible Plastic Moldings

Berikan bantal dan masukan dalam box semua flexible plastic moldings untuk mencegah kerusakan atau robek.

Shocks, Coil Springs

Masukan dalam box part silinder kotak yang dapat dikemas dalam tabung dengan dequate dunnage seperti bantalan di tiap sudut dan loose fill peanuts untuk mencegah tusukan melalui penutup.

Bumper

Masukan bumper yang rentan terhadap goresan atau penyok ke dalam box. Atau bungkus bumper dengan heavy-duty plastic bag dan bantalan yang direkatkan secukupnya untuk melindungi sudut tajam atau runcing.

Transmisi

Kuras semua cairan transmisi dan masukkan ke dalam kantong plastik dengan bantalan penyerap di bawah untuk menyerap cairan sisa. 

Moldings

Bungkus non-decorative moldings ke dalam tas plastik yang direkatkan secara aman, atau berikan bantal dan masukkan ke dalam kotak.

Sway Bar, A-Arms

Bungkus sway bar, A-arms dan threaded rods di fiberboard atau kantong plastik yang sesuai dan selotip dengan aman.

Exhaust System Parts, Leaf Springs

Berikan bantalan dan tutupi ujung runcing dan tajam dengan corrugated boards, bahan bantalan sel udara seperti Bubble Wrap® dan selotip dengan aman.

Ban

Tempatkan label ban pada tapak ban.

Read: Panduan, Syarat, dan Tips Kirim Mobil Antar Pulau

2. Segel dan Beri Label

Dengan menggunakan metode H tape, berikan setidaknya tiga strip tape yang aman terhadap tekanan dengan lebar minimal 5 cm ke bagian atas dan bawah karton untuk melindungi paket dan isinya. Rekatkan semua jahitan atau tutupnya.

Labeling Sparepart Kendaraan

Pelabelan yang tepat berperan penting dalam proses pengiriman sparepart. 

Label berfungsi sebagai paspor yang memberikan deskripsi singkat tentang unit seperti jenis, model, petunjuk penggunaan tertentu, dll. 

Label suku cadang otomotif berfungsi untuk identifikasi barang serta membawa data operasional singkat.

Pelabelan juga sangat penting dalam pengiriman spare part yang mengandung cairan kimia. Unit-unit ini harus diangkut dengan lebih hati-hati untuk mengurangi risiko interaksi bahan kimia dengan bahan eksternal. 

Cara paling simpel untuk memberi label dengan benar adalah dengan menandainya dengan stiker berisikan semua informasi yang diperlukan.

Penting: semakin detil data yang dituliskan pada stiker crate, semakin kecil kemungkinan kiriman akan dipertimbangkan untuk klasifikasi ulang atau penimbangan ulang.

ABC Express Dapat Membantu!

Mengirim spare part mobil merupakan urusan mudah jika Anda tahu cara melakukannya. Mulai dari menggunakan kemasan yang tepat, menyelesaikan dokumen, dan mendapatkan harga terbaik dari vendor pengiriman tepercaya.

Penting untuk diingat bahwa beberapa spare part mobil diklasifikasikan sebagai berbahaya, jadi Anda harus menghubungi vendor pengiriman untuk menghindari ketidaknyamanan atau biaya tambahan.

Urusan kirim spare part mobil antar pulau kini jadi lebih mudah karena Anda bisa memesan truk via internet. Cukup hubungi asisten ABC Express, Anda bisa langsung pesan jenis truk yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan mengirimkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!