Cara Kirim Spare Part Kendaraan ke Luar Negeri

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
kirim spare part ke luar negeri

Apakah Anda perlu mengirim suku cadang kendaraan ke luar negeri? Jika iya, Anda berada di artikel yang tepat! 

Banyak suku cadang kendaraan dengan bentuk unik, cenderung berat dan rentan rusak. Oleh karena itu, mungkin sulit untuk mengirimkannya.

Untuk mempermudah pengiriman suku cadang kendaraan ke luar negeri, Anda hanya perlu mengetahui cara melakukannya dengan benar. Mulai dari memahami suku cadang apa saja yang bisa dikirim, cara kemasnya, dokumen yang perlu diurus, dan menemukan solusi pengiriman yang andal.

Artikel ini akan menjelaskan semua hal yang perlu diketahui tentang pengiriman suku cadang kendaraan ke luar negeri.

Suku Cadang yang Bisa Dikirim

Tiap jasa pengiriman memiliki peraturan yang berbeda terkait barang yang dapat dikirim. Namun, ada beberapa aturan umum yang berlaku di hampir semua perusahaan. 

Pengirim umumnya tidak bisa kirim barang yang dikategorikan berbahaya atau restricted, hingga spare part yang mengandung cairan. Namun untuk mengirimkan radiator, mesin, fluid reservoirs, tangki bahan bakar, dan gearboxes, diperlukan sertifikat pembersihan untuk menunjukkan bahwa semua cairan telah dibersihkan. 

Barang-barang yang terbuat dari kaca seperti kaca spion, kaca depan, dan jendela - mungkin tidak ditanggung oleh asuransi vendor pengiriman, sehingga mengharuskan untuk menambah biaya.

Banyak vendor pengiriman juga memiliki limit ukuran dan berat paket, jadi sebaiknya periksa limitasi ini dengan vendor pengiriman untuk menghindari biaya tambahan dan mencegah paket kiriman ditahan di bea cukai.

Beberapa suku cadang mobil yang dapat dikirimkan oleh sebagian besar vendor pengiriman:

  • Roda dan ban kempes
  • Lampu
  • Knalpot
  • Gearbox dan mesin
  • Pintu
  • Bonnets and body panels
  • Bumper
  • Tampilan infotainment dan Sat-Navs

Packaging & Container

Tersedia berbagai pilihan untuk mengemas suku cadang kendaraan. 

Apa pun yang menjadi alasan pengiriman suku cadang kendaraan, perlu diketahui tahu bahwa ada metode khusus untuk melakukannya. Setidaknya dalam hal packing, Jadi, mari kita baca beberapa instruksi penting dalam hal ini.

Material Terbaik

Anda akan membutuhkan box, pelindung, bubble paper, serutan karton, atau potongan styrofoam. Anda juga dapat menggunakan kain untuk jaminan ekstra dari paket yang akan dikirim.

Sudah memiliki materialnya? Saatnya melanjutkan ke prosesnya, proses yang tidak boleh Anda lewatkan:

  1. Semua bagian logam ujung tajam harus dilapisi dengan sempurna. Lakukan ini untuk mencegah suku cadang menggores box atau memecahkannya.
  2. Jika suku cadang mobil mudah bergeser, pecah-belah, maka gunakan box. Misalnya, box kecil yang diisi dengan benar dan padat untuk memastikan pengiriman yang aman.
  3. Label semua kiriman, tempelkan pada permukaan yang rata. Hindari menempelkan di permukaan bergelombang agar tidak lepas..
  4. Jika barang yang akan dikirim mengandung cairan, pastikan untuk mengosongkan semuanya. Pastikan agar benar-benar kering untuk menghindari segala jenis tumpahan selama pengiriman.

10 Langkah Packing Suku Cadang Mobil 

Beda suku cadang, beda pula teknik pengemasannya. Hal ini karena suku cadang memiliki berbagai ukuran dan bentuk. 

Plus, beberapa berukuran besar atau rapuh dan karena itu memerlukan metode pengemasan khusus.

Berikut adalah panduan umum untuk membantu Anda mengemas suku cadang mobil yang paling sering dikirim:

1. Jika perlu, bongkar komponen mobil sesuai kebutuhan

2. Untuk mencegah kebocoran, kosongkan semua cairan atau pelumas di dalam suku cadang

3. Gunakan heavy-duty atau corrugated cardboard boxes untuk bagian logam; double box untuk perlindungan tambahan

4. Untuk bagian berbentuk tabung, gunakan box segitiga

5. Kemas suku cadang satu per satu menggunakan bubble wrap, pastikan ujung yang tajam tertutup dengan baik. Untuk barang-barang kecil, masukkan ke dalam kantong plastik

6. Masukkan suku cadang kendaraan ke dalam box

7. Untuk mencegah pergerakan atau kerusakan di dalam kotak, gunakan foam wrapping, bubble wrap atau polystyrene untuk kemasan dalam

8. Segel box dengan adhesive tape.

9. Tempelkan warning sign pada box untuk menunjukkan apakah kiriman tersebut rapuh dan harus ditangani dengan hati-hati.

10. Dapatkan penawaran dan kirimkan suku cadang kendaraan Anda.

Biaya Pengiriman Internasional Suku Cadang 

Tentunya jarak akan mempengaruhi harga penawaran pengiriman suku cadang, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor ini:

Ukuran Barang 

Semakin besar atau berat barang kiriman, semakin mahal kemungkinan biayanya. Misalnya, biaya pengiriman velg dan ban akan lebih mahal daripada pengiriman spion cadangan.

Timing 

Jika Anda memerlukan suku cadang dikirimkan pada waktu tertentu maka ini kemungkinan akan dikenakan biaya tambahan karena ini berarti pekerjaan yang terburu-buru mungkin perlu dilakukan dengan kendaraan yang disisihkan hanya untuk pengiriman Anda, sedangkan fleksibilitas dengan pengaturan waktu memungkinkan lebih banyak pilihan.

Lokasi Pengambilan Dan Pengiriman 

Jika lokasi barang jauh dan bukan di daerah perkotaan, maka biaya bahan bakar tambahan untuk mengantar barang tersebut untuk pengambilan dapat dibebankan kepada Anda.

Bea Cukai 

Jika hendak mengirimkan suku cadang secara internasional untuk pertama kalinya, Anda mungkin tidak mengetahui dokumen bea cukai apa yang berlaku. 

Otoritas bea cukai masing-masing negara mengontrol barang yang melintasi perbatasannya; mereka mengenakan pajak dan bea atas nama pemerintah dan memeriksa barang-barang yang dibatasi, dilarang atau berbahaya. 

Biasanya, bea cukai membutuhkan banyak dokumen, jadi koordinasikan dengan vendor pengiriman Anda untuk mempersiapkan dokumen bea cukai yang tepat. 

Untuk menghindari keterlambatan, Anda harus memastikan untuk menggunakan kode yang tepat pada formulir bea cukai, menjelaskan suku cadang mobil Anda secara rinci, dan menjelaskan mengapa Anda mengirimkannya. 

Anda juga harus memberikan rincian kontak untuk penerima paket. Untuk barang-barang berbahaya dan restricted, Anda mungkin harus mengisi dokumen tambahan, jadi sebaiknya tanyakan kepada vendor pengiriman Anda untuk persyaratannya.

ABC Express Dapat Membantu!

Mengirim spare part mobil merupakan urusan mudah jika Anda tahu cara melakukannya. Mulai dari menggunakan kemasan yang tepat, menyelesaikan dokumen, dan mendapatkan harga terbaik dari vendor pengiriman tepercaya.

Penting untuk diingat bahwa beberapa spare part mobil diklasifikasikan sebagai berbahaya, jadi Anda harus menghubungi vendor pengiriman untuk menghindari ketidaknyamanan atau biaya tambahan.

Urusan kirim spare part mobil antar pulau kini jadi lebih mudah karena Anda bisa memesan truk via internet. Cukup hubungi asisten ABC Express, Anda bisa langsung pesan jenis truk yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan mengirimkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!