Kirim Barang dengan Kereta Api Vs Truk: Opsi Pengiriman Kargo Darat

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Warehouse Operation

Truk atau kereta api? Jalan atau rel? Big rig atau kuda besi? Apa pun sebutannya, dua moda transportasi di pengiriman barang ini telah melalang-buana selama beberapa dekade.

Tetapi ketika harus mengirim barang-barang berat dan besar ke seluruh pelosok negeri, moda transportasi mana yang harus dipilih? 

Sebelum memutuskan untuk mengirim barang melalui kereta api atau truk, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. 

Tentunya setiap moda transportasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Opsi mana yang terbaik?

Tentu tergantung dengan kebutuhan spesifik pengirim, karena setiap pengiriman bersifat unik.

Ada pro dan kontra untuk dipertimbangkan saat pengiriman dengan kereta api vs truk. 

Pengiriman jarak jauh seringkali mengandalkan kereta api karena bahan bakar yang lebih efisien sehingga biaya jadi lebih rendah. 

Sebaliknya, pada pengiriman jarak dekat menggunakan truk adalah opsi yang lebih baik. 

Truk dapat memuat dan membongkar muatan dengan cepat sehingga efisiensi bahan bakar tidak terlalu mengkhawatirkan.


Pengiriman Kargo dengan Kereta Api vs Truk

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pengiriman dengan kereta api atau truk. 

Baik pengiriman truk dan kereta api keduanya merupakan pilihan yang solid dalam transportasi darat, tetapi ada tantangannya masing-masing.

Cara terbaik dan paling efisien untuk mengurangi biaya pengiriman adalah dengan mempertimbangkan strategi multi-modal. 

Dengan akses ke fasilitas transloading yang tepat dan layanan drayage peti kemas yang efektif, pengirim akan dapat menjaga pengiriman sesuai jadwal dengan biaya yang lebih murah.

Third Party Logistic atau 3PL yang tepat dapat membantu menghemat biaya pengiriman multi-modal. ABC Express Logistic memiliki solusi yang dibutuhkan untuk Power-Only Trucking, pengiriman kereta api, dan banyak lagi.


Pengiriman Kargo Truk

Layanan trucking biasanya bersifat end to end, sehingga barang muatan tidak perlu dipindahkan ke truk lain selama proses pengiriman, melainkan tetap berada di kendaraan yang sama sepanjang perjalanan. 

Untuk bisnis yang mengirimkan barang dalam jumlah besar dengan deadline yang singkat, ini adalah metode transportasi yang terbaik. 

Seperti disebutkan di atas, angkutan truk biasanya diangkut dari ujung ke ujung tanpa berhenti di sepanjang perjalanan. Di sisi lain, pengiriman LTL berisi pengiriman dari beberapa pengirim dan berhenti beberapa kali untuk menurunkan muatan individu.


Pengiriman Kargo Kereta Api

Pengiriman dengan kereta api memiliki perbedaan besar dengan pengiriman truk dalam hal menangani muatan barang.

Sejumlah kelebihan penting pada pengiriman kereta api:

  • Gerbong dengan pengatur suhu yang dipanaskan atau didinginkan, sehingga suhu ruang penyimpanan barang dapat diatur.
  • Kereta berpindah dari satu titik ke titik lain dengan sangat cepat, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk pengiriman yang sensitif terhadap waktu.
  • Kereta api dianggap sebagai metode transportasi yang aman. Ada lebih sedikit kecelakaan kereta api setiap tahun daripada kecelakaan truk.

Perlu digaris bawahi bahwa semua pengiriman kereta api melibatkan moda transportasi tambahan untuk menyelesaikan perjalanan sepenuhnya. 

Truk harus mengirimkan barang ke dan dari stasiun. Inilah sebabnya mengapa pengiriman kereta api sering dikaitkan dengan pengiriman intermodal, yaitu pengiriman yang melibatkan dua atau lebih jenis transportasi.


Perbedaan Pengiriman Kargo Truk Vs Kereta Api

Untuk menentukan mana yang merupakan opsi pengiriman barang yang lebih baik, kami membandingkan keduanya dalam empat kategori berikut:

  • Biaya
  • Kecepatan
  • Kapasitas
  • Jangkauan



BIAYA

Jika mengangkut barang lintas kota, truk mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Ini juga opsi yang lebih baik jika volume muatan tidak memenuhi satu gerbong kereta. 

Namun, untuk perjalanan yang lebih jauh, terutama yang lebih dari 1.000 km, kereta api adalah pilihan yang lebih hemat biaya.


KECEPATAN

Dalam hal kecepatan, volume dan jarak sekali lagi berperan besar. Karena truk dapat dimuat dan dibongkar lebih cepat dan dapat menuju hampir ke seluruh tempat, truk ideal untuk barang yang sensitif terhadap waktu dan mudah rusak.

Di sisi lain, Estimated Time Arrival (ETA) pengiriman kereta api tidak akan dipengaruhi oleh kemacetan lalu lintas, cuaca buruk, dan penundaan akibat pembangunan atau perbaikan jalan.


KAPASITAS

Meskipun truk semi-trailer dapat mengangkut cukup banyak kargo, satu gerbong kereta api dapat mengangkut beban total 3-4x kali lebih banyak. 

Faktanya, satu rangkaian kereta dapat menggantikan beberapa ratus truk di jalan.


JANGKAUAN

Jika perusahaan Anda memiliki stasiun kereta pribadi, pilihan kereta api adalah opsi paling sempurna. 

Sayangnya, tidak sembarang tempat dapat membangun stasiun sendiri. 

Itulah sebabnya sebagian besar angkutan kereta api membutuhkan transportasi antar moda, seperti kereta ke truk atau kereta ke kapal, untuk mengantarkan produk ke tujuan akhir.

Untungnya, truk jauh lebih mudah karena mereka memiliki akses ke sistem jalan raya yang luas. 

Meskipun biaya pengiriman mungkin lebih mahal, beberapa perusahaan lebih memilih yang simple karena hanya berurusan dengan satu moda transportasi.


Layanan Pengiriman Truk 

Banyak orang beranggapan bahwa jasa pengiriman muatan truk hanya menawarkan untuk memindahkan barang dari A ke B, tanpa melakukan apapun diantara dua titik tersebut.

Namun, pada kenyataannya, layanan semacam ini bisa sangat beragam. 

Sebagian besar perusahaan pengangkutan menawarkan beberapa layanan pengiriman muatan truk standar termasuk:

  • Truckload Shipping: Layanan pengiriman muatan truk dari asal ke tujuan.
  • Pengiriman Pengaturan Suhu: Beberapa produk perlu disimpan pada suhu yang tepat  saat pengiriman. Barang-barang seperti makanan dan obat-obatan bisa jadi rusak jika tidak ditangani dengan baik selama perjalanan transportasi. 
  • Pengiriman Dipercepat: Waktu pengiriman standar akan bervariasi pada tiap perusahaan. Ketika waktu pengiriman standar tidak cukup cepat, sebagian besar perusahaan akan menawarkan opsi pengiriman yang dipercepat. Layanan ini memastikan bahwa barang Anda tiba lebih cepat daripada pengiriman standar dengan biaya yang lebih tinggi. 

Memilih opsi pengiriman muatan truk yang tepat sangat penting ketika menggunakan layanan seperti ini. 

Keadaan barang, waktu yang dibutuhkan untuk sampai, dan kepuasan yang dirasakan akan tergantung pada layanan yang dipilih. Tim ahli logistik dan transportasi ABC Express dapat membantu Anda menemukan opsi pengiriman truk terbaik untuk kebutuhan Anda, dan dengan senang hati menawarkan saran yang mungkin Anda perlukan.


Kapan Pengiriman Truckload Jadi Pilihan Terbaik?

Pengiriman truk tidak akan menjadi pilihan yang tepat untuk setiap kondisi. 

Akan ada saatnya menggunakan kereta api akan lebih baik, dan beberapa situasi bahkan akan membutuhkan transportasi laut dan udara. 

Tentu saja, dengan pengalaman di industri ini, kami dapat mengenali jenis pekerjaan yang paling cocok untuk transportasi berbasis truk. 

Kami telah mengumpulkan beberapa jenis pekerjaan yang kami sarankan untuk layanan truk:

  • Transportasi Makanan & Minuman: Anda harus sangat berhati-hati saat memindahkan makanan dan minuman, karena makanan dan minuman yang mudah rusak akan berubah menjadi buruk saat diangkut. Truk pengiriman berpendingin kami dapat menjaga makanan tetap segar untuk waktu yang sangat lama.
  • Beberapa Titik Pengiriman: Tidak semua pengiriman memiliki satu tujuan, dan beberapa akan melibatkan pemberhentian di banyak tempat di sepanjang jalan. Kereta api tidak dapat menangani pekerjaan seperti ini dengan baik, tetapi truk sangat cocok untuk kondisi ini.
  • Pengiriman Jarak Pendek: Saat jarak tempuh sedikit, lebih masuk akal menggunakan truk. Bongkar muat barang ke truk dapat dilakukan dengan cepat dengan peralatan yang tepat.

Ada banyak situasi yang dapat memanggil perusahaan pengiriman truk. ABC Express dapat membantu Anda menemukan partner yang tepat untuk pengiriman Anda dan mengirimkan barang Anda dengan aman dan tepat waktu.


Pengiriman dengan Truk dengan ABC Express

ABC Express telah berpengalaman dalam pengiriman kargo barang berat dan besar serta dalam menyediakan opsi layanan pengiriman barang yang tepati. 

Customer service kualitas kerja kami adalah alasan mengapa pelanggan kami terus memilih ABC Express dibanding kompetitor lainnya.

Kami paham, mungkin sulit untuk memutuskan untuk menggunakan pengiriman dengan kereta api atau truk. 

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!