Cara Kirim Barang dari Indonesia ke Amerika Serikat (US)

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
kirim barang ke US

Pengiriman internasional seringkali menjadi proses yang membingungkan, karena banyaknya peraturan dan undang-undang yang berbeda di setiap negara.

Pengiriman kargo dari Indonesia ke Amerika Serikat merupakan proses yang rumit dan memakan waktu. Dibutuhkan banyak perencanaan dan persiapan untuk menyelesaikan pengiriman dengan sukses.

Bagaimana cara kirim kargo dari Indonesia ke Amerika? Dokumen apa saja  yang dibutuhkan? Apa saja jenis layanan yang tersedia? Semuanya akan dijawab pada artikel dibawah ini!

Biaya Kirim dari Indonesia ke Amerika Serikat

Biaya pengiriman internasional sangat bervariasi, bergantung pada berbagai faktor. Faktor yang mempengaruhi biaya kirim adalah volume, berat dan dimensi paket yang dikirim, barang apa yang dikirim, metode transportasi. Juga, penting untuk mempertimbangkan asuransi pengiriman dan waktu dalam setahun.

ABC Express dapat membantu menghitung biaya pengiriman dari Indonesia ke Amerika Serikat, sebagai gambaran umum:

- Pengiriman via udara biasanya lebih mahal daripada jalur laut (walaupun pengiriman melalui pesawat bisa lebih murah untuk mengirim paket kecil)

- Pengiriman barang dengan harga mahal dengan premi asuransi tinggi akan meningkatkan biaya pengiriman 

- Jika volume/dimensi kiriman tidak memenuhi seluruh kontainer, pengiriman LCL (less than container load) adalah opsi pengiriman yang lebih murah daripada pengiriman FCL (full container load).

Mempertimbangkan faktor biaya kirim adalah kegiatan yang memusingkan. ABC Express dapat membantu Anda mengetahui tarif pengiriman terbaik dengan berbagai opsi pilihan yang ada, Anda hanya perlu menyebutkan pelabuhan asal dan tujuan, kapan rencana pengiriman dan jenis pengiriman apa yang mau dipilih.

Secara umum, pengiriman termurah dari Indonesia ke Amerika Serikat adalah pengiriman FCL melalui jalur laut di luar waktu peak season.

Waktu Pengiriman dari Indonesia ke Amerika Serikat

Pengiriman kargo door-to-door dari Indonesia ke Amerika Serikat dapat memakan waktu hingga 59 hari tergantung pada pelabuhan asal dan tujuan, barang yang dikirim dan metode transportasinya.

Pengiriman jalur udara adalah metode transportasi tercepat, dengan estimasi waktu antara 8 dan 17 hari untuk mencapai pelabuhan tujuan di Amerika Serikat.

Pengiriman jalur laut membutuhkan waktu lebih lama. Diperlukan waktu hingga 39 hari agar barang sampai pelabuhan tujuan Amerika Serikat dari Indonesia.

Selain itu, pengiriman FCL relatif lebih cepat daripada pengiriman LCL karena opsi LCL harus melakukan bongkar muat barang

Waktu Terbaik untuk Mengirim dari Indonesia ke Amerika Serikat

Tarif pengiriman barang sangat dipengaruhi oleh faktor musiman.

Peak season utama yang perlu dipertimbangkan saat pengiriman dari Indonesia ke Amerika Serikat adalah dari pertengahan Agustus hingga pertengahan Oktober, menjelang Thanksgiving, Natal, dan Tahun Baru. 

Selama peak season, harga kirim meningkat karena permintaan tinggi dan kontainer yang terbatas. Oleh karena itu lebih murah untuk mengirimkan barang jauh dari waktu peak season.

Di luar peak season, harga angkut barang juga bisa berbeda.

Dua minggu terakhir setiap bulan ada kemungkinan lebih murah karena operator akan memenuhi tempat di kapal. Sebaliknya, di awal bulan cenderung lebih mahal.

Namun secara umum, semakin cepat memesan pengiriman, maka akan semakin murah.

Dokumen Pengiriman dari Indonesia ke Amerika Serikat

Kargo yang dikemas dan diberi label dengan benar sangat penting untuk melewati proses bea cukai di AS. Memiliki dokumen yang diperlukan juga penting, seperti izin impor barang tertentu, faktur komersial dan daftar kemasan.

Dokumen yang Anda butuhkan saat pengiriman ke AS meliputi:

- Surat Tagihan

- Daftar Kemasan

- Daftar muatan

- Sertifikat asal

- Letter of Credit atau syarat pembayaran lainnya

Anda mungkin juga memerlukan izin khusus jika mengirimkan barang tertentu seperti bahan berbahaya.

Pelabuhan Utama di Indonesia

Pabrik, supplier, atau pengirim barang kemungkinan besar akan menyarankan pelabuhan mana yang tepat. Pelabuhan tertentu mungkin terbukti lebih baik berdasarkan lokasi, proses bea cukai, dan volume penanganan barang, atau mungkin bisnis Anda memiliki perjanjian khusus dengan pelabuhan tertentu.

Pelabuhan kargo laut utama di Indonesia meliputi:

Jakarta

Semarang

Surabaya

Bandara kargo udara utama di Indonesia meliputi:

Jakarta

Surabaya

Denpasar, Bali

 

Pelabuhan Pengiriman Utama di AS

Pelabuhan kargo laut utama di AS meliputi:

Los Angeles

New York

Houston

miami

San Fransisco

Baltimore

 

Pelabuhan kargo udara utama di AS meliputi:

Chicago O'Hare

New York, JFK

Atlanta

Boston

Philadelphia