Kelebihan & Kekurangan 4 Metode Pengiriman Kargo

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Kelebihan dan kekurangan metode pengiriman kargo

Untuk memenuhi permintaan pelanggan, perusahaan harus selalu mengoptimalkan business proses mereka. Dalam hal ini, memilih metode pengiriman yang optimal sangat penting. 

Kenapa? Karena pengiriman akan berdampak signifikan terhadap profitabilitas dan penyampaian layanan secara keseluruhan.

Mengirimkan pesanan dengan tepat waktu harus menjadi prioritas utama ketika memilih metode pengiriman. 

Terdapat banyak pilihan dan metode pengiriman yang tersedia saat ini, pastikan Anda telah memilih metode pengiriman yang paling reliable dan cepat.

Tiap metode pengiriman kargo memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk membantu Anda mengambil keputusan, kami telah merincikan pro dan kontra dari setiap jenis pengiriman.

Pengiriman Kargo Darat

Lambat, steady, dan (kebanyakan) dapat diandalkan, pengiriman darat pasti memiliki kelebihannya. Tapi ada sisi kekurangannya juga.

Keunggulan Pengiriman Kargo Darat:

1. Value

Dibandingkan dengan pengiriman udara dan kereta api, pengiriman over-the-road (OTR) jauh lebih murah.

2. Fleksibilitas

Salah satu keuntungan terbesar pengiriman OTR adalah, dalam banyak kasus, pengirimannya dari pintu ke pintu. Ke mana pun kendaraan dapat berkendara adalah kandidat yang baik untuk pengiriman darat.

Kekurangan Pengiriman Kargo Darat:

1. Delay 

Seperti kendaraan bermotor pada umumnya, ada potensi kerusakan, keterlambatan karena lalu lintas, kecelakaan, dan sebagainya. Jika paket Anda harus sampai berdasarkan waktu yang dapat diprediksi, OTR mungkin bukan pilihan terbaik.

2. Keamanan

Pencurian dan kerusakan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pengiriman lainnya.

3. Keterbatasan Ukuran

Bergantung pada volume barang kiriman, OTR mungkin tidak fleksibel. Namun, mungkin masih lebih efisien dan ekonomis untuk mengirimkan armada truk daripada di beberapa pesawat terbang.

Pengiriman Kargo Kereta Api

Transportasi kereta api adalah metode umum pengiriman yang dapat digunakan untuk mengangkut beragam barang. Dari kendaraan, frozen product banyak lagi, transportasi kereta api menawarkan banyak keuntungan, tetapi memiliki keterbatasan.

Kelebihan Pengiriman Kargo Kereta Api:

1. Fleksibilitas

Di sisi positifnya, pengiriman dengan kereta api fleksibel. Anda dapat mengirimkan apa saja dalam jumlah berapa pun, dan ini berpotensi mengurangi biaya transportasi hingga jutaan per muatan dibandingkan dengan pengiriman OTR (darat).

2. Barang Mudah Rusak atau Bernilai Tinggi

Jika Anda mengirimkan barang yang mudah rusak atau barang yang memerlukan lingkungan yang dikontrol secara ketat, pengiriman kereta api memberikan jaminan bahwa muatan Anda akan tiba seperti yang diharapkan.

3. Timeline Dapat Diprediksi

Kereta api umumnya tidak mengalami delay sebanyak truk dan dapat memberikan timeline yang konsisten dan reliable.

4. Ekonomis

Jika akan mengirimkan dengan ukuran yang lebih kecil, opsi pengiriman kereta api mungkin lebih ekonomis karena variasi harga kapasitas tidak berfluktuasi terlalu banyak jika dibandingkan dengan darat.

Kontra Pengiriman Kargo Kereta Api:

1. Tidak Fleksibel

Jalur kereta api tidak selalu melewati daerah yang Anda tuju, jadi transportasi antarmoda mungkin diperlukan untuk membawa kiriman Anda ke tujuan.

2. Batasan Ukuran

Pengiriman dibatasi pada batasan ketinggian berdasarkan persyaratan perjalanan.

3. Tidak Praktis Untuk Jarak Dekat

Untuk jarak pendek, kereta api bisa jauh lebih lambat dan lebih mahal daripada solusi over-the-road (OTR).

Kesimpulannya: transportasi antarmoda, menggabungkan OTR dan kereta api, mungkin merupakan solusi terbaik.

Pengiriman Kargo Udara

Pengiriman udara memberikan fleksibilitas dan kemanfaatan yang luar biasa, tetapi apakah nilainya ada di sana?

Keunggulan Pengiriman Kargo Udara

1. Super Cepat

Pengiriman udara memberi fleksibilitas waktu terbaik, memenuhi permintaan pelanggan. Sebagai perbandingan, pengiriman luar negeri bisa memakan waktu 30 hari atau lebih, sedangkan pengiriman udara bisa memakan waktu 48 jam atau kurang.

2. Jangkauan Global

Hampir semua tujuan dapat dicapai melalui udara.

3. Risiko Rendah

Pengiriman sangat dapat dilacak secara online, memberikan reliability yang lebih baik.

Kekurangan Pengiriman Kargo Udara:

1. Biaya

Karena biaya dihitung berdasarkan berat dan bukan volume, pengiriman udara bisa cukup tinggi, terutama untuk pengiriman besar atau berat. Perbedaan antara tarif laut dan udara bisa mencapai ribuan dolar.

2. Batasan Ukuran dan Berat

Paket hanya dapat membawa begitu banyak dalam hal ukuran dan berat sehingga beberapa pengiriman mungkin tidak dapat dilakukan melalui udara.

3. Peraturan

Peraturan lebih ketat saat pengiriman melalui udara. Bahan berbahaya, senjata api, dan beberapa bahan kimia tidak boleh digunakan.

Pengiriman Kargo Laut

Untuk pengiriman global skala besar, transportasi laut terkadang menjadi pilihan terbaik.

Kelebihan Pengiriman Kargo Laut:

1. Ekonomi

Dibandingkan dengan angkutan udara, angkutan laut sangat ekonomis.

2. Ideal untuk Pengiriman Besar dan Berat

Jika Anda memiliki peti kemas yang berisi barang berat, seperti suku cadang mesin, kendaraan, atau pengiriman yang serupa, tidak ada pilihan lain selain mengirimkannya melalui laut jika Anda ingin menjaga biaya tetap masuk akal.

Kekurangan Pengiriman Kargo Laut:

1. Lambat

Jika Anda ingin kiriman Anda tiba dengan cepat, pengiriman laut bukanlah pilihan terbaik.

2. Risiko Tinggi

Ada potensi besar untuk peti kemas hilang di laut. Kondisi cuaca yang tidak menentu, kelebihan muatan kapal, dan peristiwa bencana, termasuk pembajakan, telah menyebabkan lebih dari 1.400 kontainer hilang tanpa jejak.

setiap tahun.

3. Tidak Ideal untuk Barang yang Mudah Rusak atau Peka terhadap Suhu

Tanpa kemampuan untuk memantau kondisi di dalam wadah, sulit untuk memberikan jaminan kualitas yang dapat diandalkan.

4. Lingkungan Tidak Berkelanjutan

Meskipun pelayaran laut telah lama dipandang sebagai cara yang lebih ramah lingkungan, dengan jumlah kapal yang terus meningkat, para pencinta lingkungan mulai meningkatkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kehidupan laut. Populasi ikan paus, khususnya, sangat menderita akibat meningkatnya kebisingan di lautan, sehingga sulit bagi mereka untuk menemukan makanan. Selain itu, jumlah kecelakaan di laut sedang meningkat, beberapa di antaranya telah memasukkan polutan mematikan ke dalam air.

Pengiriman Kargo dengan ABC Express

ABC Express telah berpengalaman dalam pengiriman kargo barang berat dan besar serta dalam menyediakan opsi layanan pengiriman barang yang tepati.

Customer service kualitas kerja kami adalah alasan mengapa pelanggan kami terus memilih ABC Express dibanding kompetitor lainnya.

Kami paham, mungkin sulit untuk memutuskan untuk menggunakan pengiriman dengan kereta api atau truk.

Hubungi ABC Express Tim kami siap dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki dan memindahkan barang Anda.

Pelajari Layanan ABC Express selengkapnya!